Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Hari Kemerdekaan AS, Wall Street Hijau Ditopang Penguatan Tesla & Apple

Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan Senin (1/7/2024) dengan saham Apple dan Tesla menopang indeks Nasdaq jelang libur hari kemerdekaan AS.
Ilustrasi. Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan Senin (1/7/2024) dengan saham Apple dan Tesla menopang indeks Nasdaq jelang libur hari kemerdekaan AS. Bloomberg/Michael Nagle
Ilustrasi. Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan Senin (1/7/2024) dengan saham Apple dan Tesla menopang indeks Nasdaq jelang libur hari kemerdekaan AS. Bloomberg/Michael Nagle

Bisnis.com, JAKARTA — Bursa saham Amerika Serikat di Wall Street, New York ditutup menguat pada akhir perdagangan Senin (1/7/2024) dengan saham Apple dan Tesla menopang indeks Nasdaq, sementara Dow dan S&P 500 juga menambah sedikit kenaikan dalam perdagangan ringan sebelum libur hari kemerdekaan Amerika Serikat.

Mengutip Reuters, Selasa (2/7/2024), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 0,13% atau 50,66 poin ke 39.169,52, indeks S&P 500 juga menguat 0,27% atau 14,61 poin ke 5.475,09, dan Nasdaq menanjak 0,83% atau 146,70 poin ke 17.879,30.

Sementara itu, saham Apple (AAPL.O), naik 2,9%, Microsoft (MSFT.O) naik 2% dan Amazon.com (AMZN.O) berakhir 2,2% lebih tinggi, meningkatkan Nasdaq.

Investor juga sedang menunggu data pasar tenaga kerja AS yang akan dirilis akhir pekan ini untuk mendapatkan petunjuk mengenai prospek suku bunga.

“Pendorong pendapatan yang paling penting adalah PDB dan perekonomian masih terlihat sangat sehat bagi kami,” kata Ben Snider, ahli strategi ekuitas senior di Goldman Sachs Research.

“Kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi AS tahun ini – melebihi tren – di atas 2%, sehingga pertumbuhan pendapatan masih terlihat kuat. Selain PDB, margin keuntungan tampaknya mulai pulih setelah beberapa tahun yang cukup sulit,” tambahnya.

Seperempat pendapatan indeks S&P 500 berasal dari saham-saham teknologi terbesar, yang juga terlihat kuat, katanya.

Saham pembuat mobil Tesla (TSLA.O) melonjak 6,1% menjelang data pengiriman kendaraan kuartal kedua.

Wells Fargo menambahkan saham Tesla ke dalam "daftar Ide Taktis" kuartal ketiga namun tetap mempertahankan peringkat "underweight" dan menyatakan kekhawatiran tentang melambatnya pertumbuhan pengiriman dan risiko pemotongan harga.

Adapun, saham pembuat semikonduktor Advanced Micro Devices (AMD.O) turun 2,8% dan Arm Holdings turun 2,9%, menarik indeks Philadelphia SE Semiconductor (.SOX) mendekati level terendah satu minggu.

Saham real estat (.SPLRCR) juga dipandang sebagai proksi obligasi, turun hampir 1%, karena imbal hasil Treasury AS melonjak ke level tertinggi dalam beberapa minggu. Namun imbal hasil yang lebih tinggi sering kali meningkatkan keuntungan bank sehingga indeks bank S&P 500 (.SPXBK) melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari sebulan.

Saham JP Morgan Chase (JPM.N) berada pada titik tertinggi sepanjang masa setelah bank terbesar AS pada hari Jumat menaikkan dividennya menjadi $1,25 per saham dari $1,15. Dewan direksi juga mengesahkan pembelian kembali saham senilai $30 miliar, efektif 1 Juli.

Volume Perdagangan Wall Street Turun Jelang Libur

Volume perdagangan tipis, dengan pasar ekuitas akan ditutup pada hari Kamis (4/7) untuk memperingati Hari Kemerdekaan AS. Volume di bursa AS adalah 10,59 miliar lembar saham, turun dari rata-rata 11,89 miliar lembar saham selama 20 hari perdagangan terakhir. Volume tipis diperkirakan terjadi sepanjang minggu.

Data PMI manufaktur dari Institute for Supply Management menunjukkan manufaktur mengalami kontraksi selama tiga bulan berturut-turut pada bulan Juni, sementara harga yang dibayarkan turun ke level terendah dalam enam bulan yang merupakan tanda yang menggembirakan bagi upaya Federal Reserve AS dalam memerangi inflasi.

Para pedagang tetap bertaruh pada sekitar dua kali penurunan suku bunga tahun ini, mulai bulan September, menurut LSEG FedWatch.

Yang juga dijadwalkan untuk minggu ini adalah data lowongan pekerjaan JOLTS pada hari Selasa, dan data ketenagakerjaan ADP, pesanan pabrik, data PMI jasa ISM dan risalah pertemuan kebijakan terbaru The Fed pada hari Rabu. Data penggajian non-pertanian akan dirilis pada hari Jumat.

Presiden Fed New York John Williams mencatat bahwa dia masih yakin tekanan harga sudah kembali ke target 2%.

Saham-saham yang mengalami penurunan melebihi jumlah saham-saham yang menguat dengan rasio 1,87 banding 1 di NYSE. Terdapat 162 titik tertinggi baru dan 99 titik terendah baru di NYSE.

S&P 500 membukukan 13 titik tertinggi baru dalam 52 minggu dan 4 titik terendah baru, sedangkan Nasdaq Composite mencatat 45 titik tertinggi baru dan 157 titik terendah baru. Pada hari Jumat, Nasdaq dan S&P 500 mencatatkan kenaikan kuartal ketiga berturut-turut, dengan indeks teknologi tinggi tersebut mencatatkan kenaikan tersebut untuk pertama kalinya dalam tiga tahun.

Namun, penurunan Dow secara triwulanan menimbulkan kekhawatiran mengenai perlunya diversifikasi yang lebih besar pada kepemilikan investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper