Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Rilis Obligasi dan Sukuk Rp619,35 Miliar

PT SMI berencana menerbitkan obligasi dan sukuk senilai total Rp619,35 miliar.
Logo PT SMI/ Istimewa
Logo PT SMI/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI berencana menerbitkan obligasi dan sukuk senilai total Rp619,35 miliar.

Mengacu prospektus di harian Bisnis Indonesia, Senin (1/7/2024), penerbitan obligasi dan sukuk ini merupakan bagian dari PUB Obligasi Berkelanjutan IV dengan target dana Rp20 triliun dan PUB Sukuk Mudharabah Berkelanjutan III dengan target dana senilai Rp8 triliun. 

Secara terperinci, PT SMI akan merilis Obligasi Berkelanjutan IV dengan jumlah pokok sebesar Rp495,69 miliar. Sementara itu, jumlah pokok Sukuk Mudharabah berkelanjutan III sebesar Rp123,65 miliar.

Adapun, obligasi tersebut terdiri dari tiga seri. Pertama, yakni seri A dengan pokok Rp78,68 miliar dan tingkat kupon 6,60%. Jangka waktu obligasi adalah 370 hari kalender setelah tanggal emisi.

Kemudian, seri B memiliki kupon Rp60,01 miliar, dan kupon 6,75% serta jangka waktu 3 tahun. Selanjutnya, seri C memiliki pokok senilai Rp357 miliar dan bunga obligasi 7% berjangka waktu 5 tahun.

Pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan pada 5 Oktober 2024, sedangkan pembayaran bunga terakhir sekaligus jatuh tempo pada 15 Juli 2025 untuk seri A, kemudian 5 Juli 2027 untuk seri B, lalu 5 Juli 2029 untuk seri C. 

Selanjutnya, Sukuk Mudharabah ditawarkan dalam dua seri, yakni seri A senilai Rp63,55 miliar dan seri B yang ditawarkan sebesar Rp60,10 miliar.

"Perseroan [Mudharib] setuju menerbitkan Sukuk Mudharabah dengan dana sukuk akan digunakan untuk penyaluran pembiayaan syariah melalui Unit Usaha Syariah oleh Perseroan [Kegiatan Usaha]," tulis manajemen PT SMI.

Adapun, jatuh tempo Sukuk Mudharabah seri A pada 15 Juli 2024, sedangkan seri B akan jatuh tempo pada 5 Juli 2027.

Dalam aksi penggalangan modal ini, PT BNI Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. (TRIM) akan bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi sekaligus penjamin emisi obligasi dan sukuk.  

Di sisi lain, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan peringkat idAAA (Triple A) untuk obligasi dan idAAAsy (Triple A syariah) untuk sukuk PT SMI. 

Berikut Jadwal Penerbitan Obligasi dan Sukuk PT SMI: 

  • Tanggal Efektif: 28 Juni 2024
  • Tanggal Penawaran Umum: 2 Juli 2024
  • Tanggal Penjatahan: 3 Juli 2024
  • Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan: 5 Juli 2024
  • Tanggal Distribusi Secara Elektronik (Tanggal Emisi): 5 Juli 2024
  • Tanggal Pencatatan pada PT Bursa Efek Indonesia : 8 Juli 2024

--------------------------- 

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper