Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham GameStop Meroket Usai 'Roaring Kitty' Kembali dari Hiatus

Saham GameStop (GME.N) melonjak hampir 75% pada perdagangan Senin (13/5/2024) usai "Roaring Kitty", kembali ke X.com setelah tiga tahun hiatus.
Saham GameStop (GME.N) melonjak hampir 75% pada perdagangan Senin (13/5/2024) usai "Roaring Kitty", kembali ke X.com setelah tiga tahun hiatus, GameStop/Bloomberg
Saham GameStop (GME.N) melonjak hampir 75% pada perdagangan Senin (13/5/2024) usai "Roaring Kitty", kembali ke X.com setelah tiga tahun hiatus, GameStop/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Saham penjual video game GameStop (GME.N) melonjak hampir 75% pada perdagangan Senin (13/5/2024) usai "Roaring Kitty", kembali ke X.com setelah tiga tahun hiatus/jeda dari media sosial.

Saham GameStop mencapai level tertinggi dalam 18 bulan ke level US$38,20 dan dihentikan beberapa kali karena volatilitas. Mereka membukukan persentase kenaikan satu hari paling tajam sejak Januari 2021.

Reli perusahaan yang berbasis di Grapevine, Texas juga mendorong saham meme lainnya yang telah terpukul selama setahun terakhir. Jaringan teater AMC (AMC.N) melonjak 78%, sementara pembuat headphone Koss Corp (KOSS.O) melesat 37%.

Sementara saham Hertz Global (HTZ.O) naik hampir 12%, dan saham Reddit Inc (RDDT.N) naik hampir 9%.

Keith Gill, yang dikenal sebagai "Roaring Kitty" di YouTube dan "DeepF***ingValue" di Reddit, adalah tokoh kunci dalam reli Reddit, yang menyebabkan saham GameStop melonjak sebanyak 21 kali lipat selama dua minggu di Januari 2021 sebelum jatuh ke level sebelum lonjakan di hari-hari berikutnya.

Akun Roaring Kitty pada hari Minggu (12/5) memposting sketsa seorang pria yang sedang bersandar di kursi, sebuah meme populer di kalangan gamer yang mengindikasikan keadaan menjadi serius.

Pada hari Senin (13/5), akun tersebut memposting klip dari film-film termasuk film "The Avengers", film West tahun 1993 "Tombstone", dan film komedi tahun 1980-an "Ferris Bueller's Day Off."

Meski begitu, tak satu pun postingan menyebutkan GameStop.

Postingan rahasia tersebut adalah postingan Roaring Kitty pertama di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, setelah bertahun-tahun. Akun media sosial yang terkait dengan Gill sudah sepi sejak pertengahan tahun 2021.

GameStop dan AMC adalah saham yang paling banyak diperdagangkan di kalangan investor ritel pada pukul 11 ​​​​pagi ET, data J.P.Morgan menunjukkan.

Roaring Kitty "tampaknya menjadi tersangka yang paling mungkin untuk pembaharuan minat hari ini... tapi saya akan berhati-hati untuk tidak mengkarakterisasi pelaku fenomena ini sebagai investor," kata Art Hogan, kepala strategi pasar di B Riley Wealth.

“Tidak ada perubahan mendasar pada perusahaan mana pun yang mempopulerkan fenomena ini.”

GameStop pada bulan Maret memangkas jumlah pekerjaan yang tidak ditentukan untuk mengurangi biaya dan melaporkan pendapatan kuartal keempat yang lebih rendah, menyebabkannya turun 14% setelah hasilnya diumumkan. Perusahaan ini memiliki total 4,169 toko pada 3 Februari, dibandingkan dengan 4,413 pada Januari tahun lalu.

Saham penjual video game yang mengalami kesulitan ini telah melonjak hampir 175% pada bulan Mei hingga penutupan hari Senin, namun masih jauh di bawah puncaknya yang sebesar US$120 pada tahun 2021.

Dengan kenaikan tersebut, saham GameStop sekarang memiliki nilai pasar sekitar $9 miliar, namun pada puncaknya bernilai sekitar US$37 miliar.

“Kecil kemungkinannya Anda akan melihat terulangnya mania stok meme dalam jangka waktu yang lama karena pada saat itu ada sekelompok orang yang terjebak di rumah dengan uang gratis dan hal itu tidak lagi terjadi,” kata Thomas Hayes, ketua di Great Hill Capital LLC.

Reli saham meme pada tahun 2021 dipicu oleh postingan Gill di grup diskusi Wallstreetbets Reddit tentang keuntungan yang dia peroleh dari investasinya di perusahaan yang sangat short.

Reli ini menyebar ke saham-saham dengan posisi short lainnya termasuk AMC (AMC.N) ketika pengguna Reddit bersatu untuk menekan dana lindung nilai yang bearish, menyebabkan kerugian miliaran dan menarik pengawasan dari regulator AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper