Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Axiata (EXCL) Catat Trafik Data Naik 16% pada Momen Lebaran

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) atau XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Lebaran Idulfitri 1445 H.
PT XL Axiata Tbk. (EXCL) atau XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Lebaran Idulfitri 1445 H. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
PT XL Axiata Tbk. (EXCL) atau XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Lebaran Idulfitri 1445 H. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) atau XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Lebaran Idulfitri 1445 H, antara 4 April 2024–14 April 2024.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan bahwa trafik layanan data XL Axiata mengalami peningkatan sebesar 16% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

“Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran,” kata Darmayusa dalam keterangan tertulis, Rabu (17/4/2024).

Selama periode Ramadan dan Lebaran, XL Axiata mencatat trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%, disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%.

“Seperti yang sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi,” ungkapnya.

Jika dirinci pada layanan streaming, XL Axiata mencatat sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135%, YouTube naik 17%, TikTok 14%, Netflix naik 42%, dan Spotify naik 23%.

Lonjakan trafik juga terjadi pada layanan Instant Messenger, XL Axiata menyampaikan bahwa trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59%. Sedangkan pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25% dan Meta (Facebook) 15%.

Sementara itu, web browsing juga naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%.

“Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal,” imbuhnya.

Jika dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran, XL Axiata mencatat Provinsi Jawa Tengah mengalami kenaikan trafik sebesar 32% dibandingkan hari biasa.

Sementara di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Kebumen,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 68%.

Di sisi lain, EXCL menyampaikan bahwa trafik layanan di Jabodetabek turun hingga 7% pada saat Lebaran dibanding hari biasa. Penurunan trafik di Jabodetabek ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran.

”Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30%,” sambungnya.

Secara keseluruhan, Darmayusa menuturkan bahwa XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan, termasuk dengan mengerahan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper