Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gerak IHSG Besok Dibayangi Rilis Data Ekonomi Global dan Regional

Pergerakan IHSG diperkirakan menguji area support di level 7.275 pada perdagangan Selasa (19/3/2024).
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (18/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (18/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Pergerarakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal dibayangi sentimen rilis data ekonomi global dan regional pada perdagangan Selasa (19/3/2024). 

Dari sisi global, Tim Riset Phintraco Sekuritas menyebutkan kondisi pasar saat ini sedang mengamati data ekonomi yang akan dirilis. Eropa, misalnya, menanti rilis ZEW Economic Sentiment Index untuk Maret, yang bulan sebelumnya berada di level 24.00.

“Di sisi lain, pada Jerman, juga akan merilis data ZEW Economic Sentiment Index untuk bulan Maret. Konsensus memproyeksikan kenaikan tipis menjadi 20.10,” tulis riset Phintraco yang dipublikasikan pada Senin (18/3/2024).

Sentimen juga datang dari Amerika Serikat (AS) terkait data building permits pada Februari 2024 yang diproyeksikan tumbuh mencapai US$1,5 juta. Angka ini naik dari sebelumnya sebesar US$1,49 juta, menandai potensi pemulihan aktivitas pembangunan di AS.

Dari sisi regional, pasar menantikan rilis data suku bunga Jepang yang diperkirakan membaik menjadi 0,00% dari sebelumnya sebesar -0,10%. Hal ini didorong pertumbuhan GDP annualized kuartal IV/2023 Jepang yang mencapai 0,40% dari kuartal sebelumnya, -3,20%.

“Peningkatan ini memberikan sinyal yang positif serta menunjukkan potensi pemulihan setelah periode kontraksi ekonomi yang signifikan,” papar Phintraco Sekuritas.

Seiring hal tersebut, Phintraco memproyeksikan pergerakan IHSG akan menguji support 7.275 pada Selasa (19/3). Secara teknikal, Stochastic RSI turun dari area overbought menuju area pivot, dan terjadi deathcross pada MACD diiringi dengan negative slope yang melebar.

Untuk perdagangan besok, Tim Riset Phintraco Sekuritas menyarankan investor untuk mencermati saham INKP, UNVR, MYOR, ERAA, EXCL dan BFIN.

Di sisi lain, IHSG terkoreksi 0,35% atau 25,60 poin ke 7.302,44 pada perdagangan hari ini, Senin (18/3). Sepanjang hari, IHSG dibuka di posisi 7.328,044 dan sempat mencapai level tertingginya yakni 7.358,55.

Tercatat, sebanyak 266 saham menguat, 256 saham melemah, dan 252 saham bergerak di tempat. Adapun kapitalisasi pasar atau market cap berada pada level Rp11.678,21 triliun.

Dari jajaran saham berkapitalisasi pasar jumbo, terpantau saham PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) merosot 6,76% menuju level Rp5.175 dan menghuni daftar ke-10 saham top losers. Adapun saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) terkoreksi 3,04% ke Rp7.175.

Sementara itu, saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) juga membukukan pelemahan sebesar 1,26% menuju posisi Rp3.920 per saham. Posisi ini diikuti saham PT Astra International Tbk. (ASII) yang turun 0,48% ke level Rp5.150.

----------------------------------

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper