Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukalapak (BUKA) Layani 6 Juta Peserta Prakerja

Bukalapak.com mencatat sejak program Prakerja diluncurkan pada 2020, sudah lebih dari 6 juta pengguna mendaftar.
Warga menggunakan aplikasi Bukalapak di Jakarta, Selasa (18/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Warga menggunakan aplikasi Bukalapak di Jakarta, Selasa (18/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) mencatat sejak program Prakerja diluncurkan pada 2020, sudah lebih dari 6 juta pengguna yang membeli kelas pelatihan di Bukalapak.

Head of Mitra Financial Services Bukalapak Nungky Aprilia menyampaikan saat ini sudah ada lebih dari 450 ragam pelatihan yang bisa dibeli di platform marketplace Bukalapak dan terus bertambah. Program pelatihan prakerja yang disediakan oleh BUKA, lanjutnya, terdiri atas 3 pilihan format yaitu daring, luring (tatap muka), serta pembelajaran mandiri. 

Selama mengikuti program prakerja, paparnya, peserta tidak membayar sepeserpun untuk membeli dan mengakses pelatihan. Peserta hanya perlu mendaftar ke program kartu prakerja dan jika terpilih maka akan difasilitasi oleh Prakerja untuk mendapatkan bantuan dana pelatihan sebesar Rp3,5 juta dan mendapatkan Rp600.000 sebagai insentif jika berhasil menyelesaikan pelatihan sampai selesai.

“Sejak tahun 2020, sudah lebih dari 6 juta pengguna program Prakerja membeli kelas pelatihan di Bukalapak,” ujarnya, kepada Bisnis, dikutip, Selasa (12/3/2024).

Sementara dari sisi bidang yang diminati oleh para peserta di platform Bukalapak, lanjutnya, bervariasi mulai dari pemasaran, upskilling, media sosial serta kelas kewirausahaan.

Seperti diketahui, kartu Prakerja adalah program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan produktivitas angkatan kerja.

Saat ini, Kartu Prakerja gelombang 64 telah resmi dibuka. Dalam keterangan di akun Instagram Kartu Prakerja pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 64 telah dibuka sejak Jumat 8 Maret 2024 dan ditutup pada Senin 11 Maret 2024 pukul 23.59.

Perlu diketahui bagi peserta yang lolos seleksi dan mengikuti pelatihan maka akan mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja. Dilansir dari laman prakerja.go.id, apabila lolos menjadi Penerima Kartu Prakerja,  mendapat bantuan pelatihan sebesar Rp3,5 juta sekali menerima. Namun perlu diingat jika saldo bantuan pelatihan ini tidak dapat dicairkan secara tunai.

Sementara untuk total manfaat total yang bisa diperoleh peserta dari program Kartu Prakerja ini mencapai Rp4,2 juta. Rinciannya adalah beasiswa pelatihan sebesar Rp3,5 juta, biaya pengganti transportasi dan internet sebesar Rp600.000, dan pengisian survei evaluasi sebesar Rp100.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper