Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bitcoin Dekati Rekor ATH, Saatnya Diversifikasi ke Aset Kripto?

Harga bitcoin melonjak beberapa waktu terakhir hingga nyaris menembus rekor ATH. Momentum tersebut bisa dimanfaatkan investor untuk mendiversifikasikan aset.
Warga beraktivitas di dekat logo mata uang kripto di Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Warga beraktivitas di dekat logo mata uang kripto di Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Bitcoin sebagai aset kripto terpopuler kembali mencatat lonjakan harga berturut-turut secara signifikan. Momentum tersebut bisa dimanfaatkan investor untuk mendiversifikasikan investasinya ke aset kripto.

Berdasarkan CoinMarketCap, harga Bitcoin sempat naik ke level US$55.000 atau lebih dari Rp861 juta pada hari Selasa (27/2/2024. Kemudian harga Bitcoin terus melaju hingga US$58 ribu atau setara Rp 992 juta, mendekati Rp1 miliar pada Rabu (28/2/2024) pukul 15.00 WIB.

Crypto Analyst Reku Fahmi Almuttaqin menjelaskan kenaikan harga Bitcoin ini didorong oleh sejumlah faktor. Pertama, masuknya dana bersih sebesar US$6,1 miliar ke sejumlah ETF Bitcoin Spot yang sudah diperdagangkan di Amerika Serikat sejak 11 Januari 2024 lalu. Selain itu, volume perdagangan ETF Bitcoin Spot juga mencapai puncak baru sebesar $2,4 miliar pada 26 Februari.

Faktor pendorong selanjutnya yakni MicroStrategy, perusahaan perangkat lunak, membeli sekitar 3.000 token pada bulan ini, sehingga total kepemilikan Bitcoin perusahaan mencapai sekitar US$10 miliar.

“Sentimen positif kedua faktor tersebut menggambarkan besarnya peningkatan minat investor, khususnya investor tradisional AS terhadap Bitcoin,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (28/2/2024).

Harga Bitcoin saat ini hanya terpaut $10.000 dari all time high (ATH) sebelumnya. Beberapa indikator, seperti Realized HODL Ratio (RHODL) dan indikator Stock-to-Flow, menunjukkan potensi berlanjutnya tren bullish yang terjadi. Dengan begitu, jelasnya, kemungkinan Bitcoin akan mencetak ATH baru masih sangat terbuka.

Menurutnya, dengan melihat tren positif yang ada, kondisi sekarang bisa menjadi momentum bagi investor yang ingin mendiversifikasikan investasinya ke aset kripto.

“Kondisi ini bisa membuka prospek investor yang baru ingin berinvestasi aset kripto untuk memulai perjalanannya. Sebab, performa Bitcoin menunjukkan bahwa instrumen aset kripto bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap, namun juga opsi diversifikasi untuk mengoptimalkan potensi return,”imbuhnya.

Investor eksisting, lanjutnya, juga bisa memanfaatkan momentum ini untuk mendiversifikasikan aset kriptonya ke sejumlah koin lain yang berpotensi akan turut meningkat berkat kenaikan harga Bitcoin.

Namun, investor tetap perlu cermat dan bijak untuk memantau kondisi pasar secara berkala dan menyesuaikan strategi investasinya. Reku juga rutin memberikan analisa pasar secara real-time dan akurat melalui Learning Hub yang bisa diakses di aplikasi dan website.

Momentum bullish di Bitcoin ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran bagi investor untuk menyusun kembali strategi investasinya. Investor tetap dihimbau untuk tetap mempertimbangkan seluruh keputusan investasi dengan riset mendalam dan pertimbangan yang bijak, serta tentunya menggunakan uang dingin untuk berinvestasi.

__________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual kripto. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper