Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank INA (BINA) Gandeng Calon Emiten MPStore (MPIX) Penetrasi UMKM

Emiten perbankan Grup Salim, PT Bank INA Perdana Tbk. (BINA) menggandeng calon emiten MPStore (MPIX) untuk memperluas penetrasi sampai ke UMKM.
Peluncuran digital banking Bank Ina (BINA), Rabu (9/8/2023)/Bisnis-Arlina Laras
Peluncuran digital banking Bank Ina (BINA), Rabu (9/8/2023)/Bisnis-Arlina Laras

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten perbankan Grup Salim, PT Bank INA Perdana Tbk. (BINA) menggandeng calon emiten MPStore (MPIX) untuk memperluas penetrasi sampai ke UMKM.

Sebagai informasi MPStore adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada pemberdayaan UMKM. Melalui kerja sama tersebut, Bank INA Digital mampu menjangkau 650.000 mitra MPStore di seluruh Indonesia. Adapun jenis mitra yang tergabung mulai dari toko grosir, toko kelontong, biro pulsa, dan usaha UMKM lainnya.

Wakil Direktur Utama Bank INA Yulius Purnama Junaedi menegaskan setalah Bank INA Digital meluncur tahun lalu maka fokus perseroan adalah mempertebal portofolio di bidang UMKM.

“Kami terus memperbanyak jumlah nasabah melalui berbagai kerja sama, khususnya dengan ekosistem UMKM di Indonesia. Niat inilah yang mempertemukan kami dengan MPStore, yang telah banyak berkontribusi dalam pemberdayaan UMKM di daerah-daerah di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (6/2/2024).

Sementara itu, Direktur Utama MPStore Abdul Muidz mengatakan kolaborasi ini menjadi sebuah lompatan besar untuk implementasi digitalisasi bagi merchant UMKM milik MPStore. “Kami yakin kolaborasi ini mampu membawa dampak yang besar dalam percepatan bisnis sektor UMKM,” tuturnya.

Sebagai informasi MPStore akan tercatat sebagai emiten pada Rabu (7/2/2024), dengan kode saham MPIX. Layanan yang disediakan MPStore mencakup solusi teknologi yang membantu pedagang grosir, ritel, dan pelaku usaha UMKM mulai dari pencarian produk, pengelolaan penjualan dan pembelian, serta layanan logistik hingga pembayaran.

Dalam tahap pertama, kerja sama akan difokuskan di daerah Jawa Timur dan Jawa Barat. Ke depan, kerja sama direncanakan untuk diperluas ke berbagai daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Manajemen BINA mengeklaim kerja sama ini memberikan keuntungan bagi para mitra maupun para pembelinya. Bagi mitra, mereka diberikan kesempatan untuk menambah akses keuangan dan potensi pendapatan melalui penyediaan layanan Laku Pandai.

Selain itu, mitra juga akan dibekali kode referral yang dapat digunakan pelanggan untuk membuka rekening tabungan digital Bank INA. Ada juga layanan yang memungkinkan para mitra untuk menyediakan opsi transaksi dan pembayaran tagihan sehari-hari. Seluruh transaksi yang dilakukan secara langsung di mitra, turut menyumbangkan pendapatan bagi setiap mitra yang melakukannya.

Sementara bagi para pembeli, akan dimudahkan untuk mendapatkan akses membuka tabungan digital di Bank INA tanpa harus datang ke kantor cabang. Pembukaan tabungan  dapat dilakukan secara langsung di mitra MPStore, di mana tabungan digital ini menawarkan berbagai kemudahan, seperti bebas minimum setoran awal, bebas biaya admin, dan bebas minimum saldo. Tabungan digital ini juga dilengkapi dengan bunga simpanan hingga 4%, dan kemudahan untuk membayar tagihan dan transaksi belanja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper