Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Suku Cadang AEGS Bidik Kenaikan Penjualan 65% 2024

PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk. (AEGS) menargetkan penjualan tahun ini hingga 65% dibandingkan dengan torehan 2023.
Karyawan memantau pergerakan saham di salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta, Rabu (4/10/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan memantau pergerakan saham di salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta, Rabu (4/10/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk. (AEGS) menargetkan penjualan tahun ini hingga 65% dibandingkan dengan torehan 2023.

Direktur Utama AEGS Oey Johan Sinatra Sumawi mengatakan target kenaikan penjualan ditopang oleh kerja sama dengan Grup Astra dan peningkatan aktivitas ekspor. AEGS memproyeksikan penjualan 2024 akan bertumbuh 65% menjadi Rp50 miliar dari capaian 2023 yang diperkirakan tembus Rp30,3 miliar.

Oey Johan Sinatra Sumawi mengatakan ada peningkatan penjualan dari hasil kerjasama Perseroan dengan anak usaha PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), yakni PT FSCM Manufacturing Indonesia. Dia menegaskan, kerjasama penjualan barang setengah jadi (WIP) kepada Grup Astra tersebut diperkirakan terus mengalami tren peningkatan.

“Kerjasama dengan FSCM yang merupakan perusahaan Grup Astra tersebut mengalami peningkatan 2023, sehingga kami optimistis di 2024 akan kembali meningkat dan bahkan hingga tahun-tahun berikutnya. Pada tahun ini, kami juga akan mendapatkan buyer baru untuk barang-barang yang kami produksi dan pasarkan,” kata Johan dalam keterangan resminya, Senin (29/1/2024).

Selain kerja sama dengan Grup Astra, Johan melihat tren pemulihan ekonomi domestik sebesar 5,2% dan peningkatan daya beli masyarakat pada tahun ini ikut menopang penjualan. Pada sisi lain, pemerintah akan mengendalikan tingkat inflasi di level 2,8 persen, sementara itu Bank Indonesia (BI) akan menjaga inflasi di 2024 pada kisaran 2,5 persen plus minus 1 persen.

Dengan demikian, Johan meyakini bahwa penjualan produk AEGS di sepanjang 2024 akan berjalan linier dengan tren perbaikan kondisi makroekonomi di Tanah Air. Peningkatan penggunaan suku cadang bakal mengikuti kenaikan penjualan atau jumlah kendaraan bermotor di tengah tren pertumbuhan industri otomotif dalam beberapa tahun terakhir.

AEGS juga membidik pasar ekspor dengan pemasaran secara langsung ke Timor Leste dan Maldives. “Sepanjang 2023, kontribusi ekspor terhadap total penjualan kami sebesar 4,%. Ke depannya diharapkan terus meningkat, seiring dengan adanya potensi pertumbuhan total penjualan AEGS,” ungkap Johan.

Pada fase awal kegiatan ekspor tersebut, ungkap Johan, AEGS membukukan nilai penjualan sebesar Rp1,4 miliar atau setara 4,6% dari total penjualan di 2023 yang diperkirakan mencapai Rp30,3 miliar. Dia meyakini, nilai penjualan ekspor akan mengalami kenaikan, sejalan dengan proyeksi perolehan penjualan di 2024 yang mencapai Rp50 miliar.

“Kami mengharapkan ekspor yang sudah terealisasi pada tahun lalu bisa terus bertumbuh di Tahun Buku 2024,” kata Johan sembari berharap AEGS bisa mendapatkan pasar ekspor yang baru di tahun ini. Dia menyebutkan, sejauh ini Perseroan terus menjajaki sejumlah negara yang dinilai potensial untuk dimasuki produk milik AEGS.

--------------------

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper