Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bitcoin Tembus Level US$40.000 untuk Pertama Kalinya sejak Mei 2022

Harga Bitcoin mencapai level US$40.210 pada perdagangan hari Minggu, tertinggi sejak April 2022. Kemudian, Bitcoin masih stabil di US$40.011 pada Senin.
Ilustrasi Bitcoin. Reuters
Ilustrasi Bitcoin. Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Harga Bitcoin hari ini melampau level psikologis US$40.000 untuk pertama kalinya seiring dengan momentum antusiasmen pasar terhadap penurunan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve. Investor juga mengantisipasi persetujuan perdagangan exchange traded-fund (ETF) Bitcoin oleh otoritas Bursa AS dalam waktu dekat.

Mengutip Reuters, harga Bitcoin mencapai level US$40.210 pada perdagangan hari Minggu (3/12/2023), tertinggi sejak April 2022. Kemudian, harga Bitcoin tetap stabil di US$40.011 dalam perdagangan sesi Asia pada Senin (4/12/2023) pagi.

“Kita akan melihat apakah harga Bitcoin akan bertahan sepanjang hari, namun Bitcoin menyukai penembusan level psikologis yang besar, sehingga hal ini kembali menggairahkan dan menambah momentum,” kata analis Capital.com Kyle Rodda.

Untuk tahun ini, harga Bitcoin telah meningkat lebih dari dua kali lipat karena berhasil menghilangkan kelesuan dari apa yang disebut 'musim dingin kripto' setelah sejumlah skandal termasuk runtuhnya bursa FTX tahun lalu.

Investasi berisiko dan aset sensitif suku bunga lainnya, seperti emas, juga mengalami reli yang kuat selama beberapa minggu terakhir karena pasar bertaruh bahwa Federal Reserve AS telah selesai menaikkan suku bunga dan akan mulai memotongnya pada awal 2023.

Laporan pada Oktober bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS tidak akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan yang menemukan bahwa lembaga tersebut salah dalam menolak ETF yang diperdagangkan di bursa dari perusahaan kripto Grayscale Investments juga mendorong taruhan pada bahwa persetujuan EFT Bitcoin akhirnya sudah dekat.

ETF bitcoin spot, menurut dokumen tersebut, akan memungkinkan investor yang sebelumnya waspada mengakses kripto melalui pasar saham, mengantarkan gelombang modal baru ke sektor ini

Sementara itu, Ether, koin yang terhubung dengan jaringan blockchain Ethereum, juga mencapai level tertinggi 1-1/2 tahun pada Minggu, mencapai US$2.218 dan stabil pada level US$2,197 di sesi perdagangan Asia pada Senin.

Sebagai catatan, harga Bitcoin maupun Ether sebenarnya masih jauh di bawah rekor tertinggi tahun 2021 yang masing-masing berada di atas US$60.000 dan US$4.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper