Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Low Tuck Kwong (MYOH) Resmi Akuisisi Transkon Jaya (TRJA) Rp307 Miliar

Samindo Resources (MYOH) menyelesaikan akuisisi 74% saham Transkon Jaya (TRJA) senilai Rp307 miliar.
Salah satu kegiatan usaha PT Samindo Resources Tbk. (MYOH)/samindoresources.com
Salah satu kegiatan usaha PT Samindo Resources Tbk. (MYOH)/samindoresources.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten portofolio Low Tuck Kwong PT Samindo Resources Tbk. (MYOH) merampungkan akuisisi 74% saham PT Transkon Jaya Tbk. (TRJA) senilai Rp307 miliar.

Sekretaris Perusahaan Samindo Resources Ahmad Zaki Natsir mengatakan perseroan menyelesaikan proses akuisisi pada 30 November 2023 dengan mengambilalih 1.117.548.000 saham TRJA yang sebelumnya dimiliki PT Damai Investama Sukses dan PT MSJ Investama Abadi. Jumlah saham tersebut setara 74% dari modal disetor dan ditempatkan penuh TRJA.

TRJA bergerak sebagai penyewa kendaraan 4WD, yang merupakan alat transportasi pendukung utama dalam kegiatan pertambangan. TRJA dikenal luas di dunia pertambangan nasional, terbukti lebih dari 2.800 unitnya kendaraan berpenggerak 4WD miliknya telah tersebar di berbagai kontraktor tambang ternama di Indonesia.

Kontraktor tambang seperti Pama Persada dan BUMA tercatat telah lama menjadi pelanggan setia TRJA. Tidak hanya pada tambang batu bara, layanan TRJA juga sudah merambah sektor pertmbangan nikel, tembaga ataupun emas.

“Akuisisi ini juga semakin memperkuat posisi MYOH sebagai penyedia jasa pertambangan batu bara terintegrasi di Indonesia,” kata Zaki dalam keterangannya, Jumat (1/12/2023).

Sebelumnya, kata Zaki, MYOH telah memiliki 3 layanan utama dalam kegiatan pertambangan batubara dan juga 1 layanan pendukung, yaitu pemindahan batuan penutup, produksi batu bara, pengangkutan batu bara dan pemboran eksplorasi.

Bergabungnya TRJA menjadi bagian MYOH diharapkan akan meningkatkan daya saing MYOH di industri jasa pertambangan nasional.

“Akuisisi TRJA adalah tahap awal dari perjalanan panjang dalam proses transformasi Perseroan. Banyak sekali peluang di sektor jasa pertambangan yang memiliki daya tarik dan potensi yang sangat menjanjikan di masa depan” ujar Zaki.

Zaki menambahkan akusisi ini juga akan menjadi jembatan bagi MYOH untuk dapat menggali lebih dalam peluang-peluang di sektor pertambangan selain dari batu bara. Terlebih layanan yang ditawarkan oleh TRJA tidak hanya terpaku pada sektor batu bara, tapi juga digunakan pada hampir seluruh aktivitas pertambangan.

Kinerja MYOH

MYOH mencatatkan penurunan pendapatan, tetapi dengan laba bersih yang naik sepanjang 9 bulan 2023.

MYOH mengantongi pendapatan US$94,87 juta hingga kuartal III/2023. Pendapatan ini turun 8,68% dari US$103,8 juta dibandingkan kuartal III/2023.

Pendapatan ini didorong oleh jasa pemindahan tanah dan pengambilan batu bara sebesar US$61,4 juta, jasa pengangkutan batu bara sebesar US$32,01 juta, dan jasa pengeboran, eksplorasi, dan lainnya sebesar US$1,44 juta.

Pendapatan ini didorong oleh pelanggan seperti PT Kideco Jaya Agung sebesar US$194,82 juta, dan PT Kumala Drilindo sebesar US$47.792. Penurunan pendapatan ini diiringi oleh biaya pokok pendapatan yang juga turun menjadi US$79,4 juta.

Biaya pokok pendapatan ini turun 6,34% secara tahunan dari US$84,8 juta. Meski demikian, laba bruto MYOH juga ikut tergerus 19,11% menjadi US$15,4 juta, dari US$19 juta secara tahunan atau year on year (yoy).

Akan tetapi, laba bersih MYOH tercatat naik hingga 16,72% pada 9 bulan 2023. Laba bersih MYOH naik menjadi US$11,5 juta atau setara Rp184,8 miliar, dari US$98,9 juta secara tahunan. Sementara itu, laba per saham MYOH tercatat naik menjadi US$0,0052, dari US$0,0045 secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper