Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Relaksasi PPN, Perumnas Kebut Penjualan Hunian TOD

Pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada hunian di bawah Rp2 miliar oleh pemerintah berpotensi mendorong penjualan TOD.
Pandu Gumilar,Redaksi
Pandu Gumilar & Redaksi - Bisnis.com
Selasa, 21 November 2023 | 13:30
Proyek apartemen Samesta Mahata besutan Perum Perumnas di Tanjung Barat, Jakarta - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa.
Proyek apartemen Samesta Mahata besutan Perum Perumnas di Tanjung Barat, Jakarta - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa.

Bisnis.com, JAKARTA – Pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada hunian di bawah Rp2 miliar oleh pemerintah berpotensi mendorong penjualan hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD).

Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro mengatakan pembebasan PPN pada hunian di bawa Rp2 miliar oleh pemerintah, diharapkan dapat mendorong kepemilikian hunian yang berkualitas dana ramah lingkungan di masyarakat. Dengan begitu angka backlog hunian nasional dapat tertekan.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), jumlah unit backlog kepemilikan hunian di Indonesia mencapai 11 juta pada 2022. Jumlah tersebut mayoritas berasal dari kota-kota besar dengan kepadatan penduduk dan ketersediaan lahan menjadi faktor utama permasalahan.

Oleh sebab itu, Budi Saddewa menyatakan Perumnas mengembangkan hunian berkonsep TOD untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Dia meyakini hunian TOD akan menjadi solusi atas permasalahan hunian di kota-kota besar.

“Konsep hunian yang mengedepankan adanya integrasi transportasi, akan semakin mendukung tingkat produktivitas dan mobilitas penghuni menuju area yang dituju, juga penggunaan transportasi publik yang tentunya dapat menurunkan emisi karbon dan ramah lingkungan,” kata Budi.

Direktur Produksi Perum Perumnas Tri Hartanto menambahkan  Perumnas telah mengembangkan hunian TOD Perumnas di tiga lokasi berbeda. Salah satunya di dekat Stasiun Tanjung Barat, yakni hunian Samesta Mahata Tanjung Barat. Lalu ada yang berlokasi di dekat Stasiun Pondok Cina dan Stasiun Rawa Buntu, yakni hunian Samesta Mahata Margonda dan Samesta Mahata Serpong.

“Konsep TOD ini kami rancang agar aksesibilitasnya tinggi, supaya membuat penghuni maupun masyarakat sekitar merasa lebih nyaman untuk menggunakan transportasi umum," jelasnya.

Selain itu, Perumnas juga berkomitmen untuk menghadirkan hunian ramah lingkungan melalui hunian landed, seperti Samesta Parayasa dan Samesta Dramaga yang sudah melakukan penghijauan di kawasannya.

Tri menjelaskan, pada beberapa proyek landed, Perumnas memadukan teknologi dinding precast dan layout rumah yang compact, sehingga menghasilkan konstruksi yang efektif dan efisien dengan tetap menjaga mutu bangunan. (Daffa Naufal Ramadhan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar & Redaksi
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper