Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cum Dividen Produsen BOBA dan Sirup KMDS Hari Ini

PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. (KMDS) dan PT Formosa Ingredient Factory Tbk. (BOBA) menentukan cum dividen interim pada hari ini
Hafiyyan,Ibad Durrohman
Hafiyyan & Ibad Durrohman - Bisnis.com
Kamis, 26 Oktober 2023 | 09:25
PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. (KMDS) dan PT Formosa Ingredient Factory Tbk. (BOBA) menentukan cum dividen interim pada hari ini. /Istimewa.
PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. (KMDS) dan PT Formosa Ingredient Factory Tbk. (BOBA) menentukan cum dividen interim pada hari ini. /Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten produsen sirup Monin PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. (KMDS) dan produsen boba PT Formosa Ingredient Factory Tbk. (BOBA) menentukan cum dividen interim pada hari ini, Kamis (26/10/2023).

Cum dividen atau cum date berasal dari singkatan cumulative date, yaitu tanggal yang menentukan bagi para investor yang berhak mendapatkan dividen dari sebuah emiten. Bila pembelian saham setelah melewati jadwal cum date investor tidak memiliki hak untuk mendapatkan dividen.

Jadwal cum date hanya berlangsung selama satu hari jadi pada hari ini investor akan berlomba supaya namanya tercatat sebagai penerima hak dividen. Terdapat kemungkinan pada tanggal cum date harga sebuah saham akan meningkat.

Direktur Utama KMDS Hengky Wijaya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan Dewan Komisaris telah menyetujui keputusan Direksi KMDS pada 04 Oktober 2023 untuk membagi dan membayar dividen interim tahun buku 2023 (untuk periode yang berakhir pada 30 Juni 2023) sebesar Rp12 miliar. 

"Dividen interim per saham yang akan dibagikan adalah Rp15 per saham," tulis Hengky, Kamis(19/10/2023). 

Dia melanjutkan, cum dividen interim KMDS di pasar reguler dan negosiasi adalah pada 26 Oktober 2023 dan ex dividen interim di pasar reguler dan negosiasi pada 27 Oktober 2023. 

Lalu cum dividen interim di pasar tunai pada 30 Oktober 2023 dan ex dividen interim di pasar tunai pada 31 Oktober 2023. Recording date atau pemegang saham yang berhak atas dividen adalah pada 30 Oktober 2023. 

"Pelaksanaan pembayaran dividen interim adalah pada 8 November 2023," ucapnya. 

Hengky menuturkan jadwal pelaksanaan dan tata cara pembayaran dividen interim telah dikoordinasikan dengan BEI, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan Biro Administrasi Efek perseroan. 

Hengky juga menegaskan pembagian dividen interim untuk tahun 2023 kepada pemegang saham KMDS, sebagaimana disebutkan dan tidak akan mempengaruhi kelangsungan usaha KMDS.

Semenara itu, PT Formosa Ingredient Factory Tbk., produsen produk dengan merek Boba King untuk tapioca pearls, topping jelly, popping boba, premium sauce, syrup, dan premix powder, juga menetapkan cum dividen hari ini.

Berdasarkan Surat Keputusan Direksi Perseroan tanggal 16 Oktober 2023 dan Surat Keputusan Sirkuler Dewan Komisaris tanggal 4 Oktober 2023, dengan ini diberitahukan kepada para pemegang saham bahwa KMDS akan melaksanakan pembagian dividen interim tunai.

"Nilai dividen sebesar Rp. 2,- per sahamuntuk tahun buku 2023 (untuk periode buku yang berakhir pada Juni 2023)," papar manajemen BOBA.

Total saham beredar BOBA 1,15 miliar sehingga total dividen interim mencapai Rp2,30 miliar.

Tanggal Pembayaran Dividen Dividen Interim untuk periode yang berakhir pada Juni 2023 pada 8 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper