Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pidato Ketua The Fed Jerome Powell Bikin Investor Wall Street Cemas

Wall Street berakhir melemah dengan kuat pada perdagangan Kamis (19/10) ketika Ketua Federal Reserve Jerome Powell berbicara kebijakan moneter.
Karyawan berada di Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, Senin (27/6/2022). Bloomberg/Michael Nagle
Karyawan berada di Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, Senin (27/6/2022). Bloomberg/Michael Nagle

Bisnis.com, JAKARTA - Saham-saham di Amerika Serikat (AS) berakhir melemah dengan kuat pada perdagangan Kamis (19/10), dengan saham Tesla jatuh setelah kinerja keuangannya dan imbal hasil (yield) Treasury melonjak ketika Ketua Federal Reserve Jerome Powell berbicara tentang kebijakan moneter dan investor khawatir apakah suku bunga akan tetap lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama. .

Saham Tesla (TSLA.O) turun sehari setelah produsen mobil itu meleset dari ekspektasi Wall Street mengenai margin kotor, laba, dan pendapatan kuartal ketiga, dan CEO Tesla Elon Musk mengatakan dia khawatir dengan tingginya suku bunga yang mempengaruhi permintaan.

Imbal hasil Treasury semakin meningkat dan imbal hasil obligasi 10-tahun yang menjadi acuan berada pada level tertinggi dalam 16-tahun hampir 5%.

"10 tahun sepertinya akan membentuk tren baru yang lebih tinggi, yang memberikan tekanan pada ekuitas, setidaknya dalam jangka pendek," kata Oliver Pursche, wakil presiden senior, penasihat Wealthspire Advisors di Westport, Connecticut.

“Pasar berharap bahwa Jay Powell akan mengindikasikan bahwa The Fed akan menghentikan sementara kenaikan suku bunganya, dan dia secara efektif mengisyaratkan gagasan bahwa mereka harus menaikkan suku bunga lagi jika mereka terus meningkatkan kekhawatiran terhadap inflasi.”

Powell mengatakan di Economic Club di New York bahwa para gubernur bank sentral AS mengambil kebijakan dengan hati-hati setelah kenaikan suku bunga yang agresif tahun lalu, namun ia menambahkan bahwa kekuatan perekonomian dan pasar tenaga kerja yang terus ketat dapat menjamin kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Sektor real estat yang sensitif terhadap suku bunga (.SPLRCR) turun 2,4% dan merupakan sektor S&P 500 dengan kinerja terburuk hari ini.

Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 250,91 poin, atau 0,75%, menjadi 33.414,17, S&P 500 (.SPX) kehilangan 36,6 poin, atau 0,85%, menjadi 4.278 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 128,13 poin, atau 0,96% menjadi 13.186,18.

Indeks Volatilitas Cboe (.VIX) melonjak ke penutupan tertinggi sejak Maret.

Data minggu ini menunjukkan permintaan konsumen yang kuat dan pasar tenaga kerja yang ketat. Laporan Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Kamis menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun ke level terendah dalam sembilan bulan pada minggu lalu.

Pasar tenaga kerja menunjukkan kekuatan meskipun bank sentral telah menaikkan suku bunga acuan overnight sebesar 525 basis poin sejak Maret 2022.

Juga dalam hal pendapatan, saham Netflix Inc (NFLX.O) melonjak 16,1% setelah perusahaan streaming No. 1 di dunia berdasarkan jumlah pelanggan mengatakan pihaknya menaikkan harga untuk beberapa rencananya di Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis setelah menambah 9 juta pengguna pada tahun 2018. kuartal ketiga.

Saham American Airlines (AAL.O) naik 0,8% setelah perusahaan membukukan hasil kuartalan yang optimis. Pada hari Rabu, saham maskapai penerbangan turun tajam setelah United Airlines (UAL.O) memperkirakan laba kuartal saat ini di bawah ekspektasi analis.

Volume di bursa AS adalah 11,82 miliar lembar saham, dibandingkan dengan rata-rata 10,50 miliar saham untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Jumlah obligasi yang mengalami penurunan melebihi jumlah obligasi yang naik di NYSE dengan rasio 3,96 banding 1 di Nasdaq, rasio 2,96 banding 1 mendukung penurunan.

S&P 500 membukukan 2 titik tertinggi baru dalam 52 minggu dan 37 titik terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 15 harga tertinggi baru dan 370 harga terendah baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper