Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Low Tuck Kwong Geser Hartono Bersaudara, Kokoh di Puncak Orang Terkaya di Indonesia

Pengusaha batu bara Low Tuck Kwong kembali menduduki posisi puncak orang terkaya di Indonesia, setelah menggeser pemilik BBCA dan Djarum, Hartono bersaudara.
Pengusaha batu bara Low Tuck Kwong kembali menduduki posisi puncak orang terkaya di Indonesia, setelah mengkudeta pemilik BBCA dan Djarum, Hartono bersaudara.
Pengusaha batu bara Low Tuck Kwong kembali menduduki posisi puncak orang terkaya di Indonesia, setelah mengkudeta pemilik BBCA dan Djarum, Hartono bersaudara.

Bisnis.com, JAKARTA — Pengusaha batu bara Low Tuck Kwong kembali menduduki posisi teratas orang terkaya di Indonesia, setelah sebelumnya sempat tergeser oleh pemilik Grup Djarum dan Bank BCA (BBCA), Hartono Bersaudara.

Mengutip data Forbes per 3 September 2023, pemilik PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) tersebut berhasil menggeser posisi Hartono Bersaudara setelah harta kekayaannya naik ke posisi US$26,1 atau setara Rp397,37 triliun.

Sebelumnya, berdasarkan data Forbes per 19 Agustus 2023, Low Tuck Kwong harus puas menduduki posisi ketiga orang terkaya di tanah air dengan total kekayaan sebesar U$24,7 miliar atau sekitar Rp378,42 triliun.

Berikut adalah daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes September 2023:

1. Low Tuck Kwong 

Low Tuck Kwong kembali menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia setelah harta kekayaannya tercatat naik ke posisi US$24,7 miliar atau sekitar Rp378,42 triliun per awal September 2023.

2. Robert Budi Hartono

Di posisi kedua ada Robert Budi Hartono dengan nilai kekayaan tercatat sebesar US$25,9 miliar atau sekitar Rp394,33 triliun. Kekayaan Robert tak lepas dari gurita bisnis yang dimilikinya, mulai dari bisnis rokok, perbankan, hingga ritel.

Namun sayangnya, harta kekayaan pemilik Grup Djarum tersebut terpantau turun pada awal September 2023, di mana sebelumnya Robert berhasil mencatatkan harta kekayaan sebesar US$26 miliar atau setara Rp398,34 triliun dan menjadi orang terkaya di tanah air.

3. Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono menyusul di posisi ketiga dengan total kekayaan sebesar US$24,8 atau setara Rp377,58 triliun per Minggu (3/9/2023). Sama seperti sang adik, harta kekayaan Michael juga terpantau mengalami penurunan dibandingkan harta yang dimilikinya hingga pertengahan Agustus 2023.

Per 19 Agutus 2023, harta kekayaan Michael tembus ke US$24,9 triliun atau sekitar Rp381,49 triliun. Raihan tersebut menjadikan Michael sebagai orang terkaya kedua di Indonesia dan menyalip posisi Low Tuck Kwong. 

4. Prajogo Pangestu

Selanjutnya, ada Prajogo Pangestu yang konsisten berada di posisi keempat dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Pemilik emiten batu bara PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) ini berhasil masuk ke daftar orang terkaya di tanah air dengan catatan harta kekayaan sebesar US$8,8 miliar atau setara Rp133,98 miliar. 

5. Sri Prakash Lohia

Nasib baik juga dialami oleh pendiri Indorama Corporation Sri Prakash Lohia yang kembali menduduki posisi kelima dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Hingga 3 September 2023, Sri Prakash Lohia tercatat memiliki harta kekayaan senilai US$6,8 miliar atau sekitar Rp103,53 triliun.

6. Tahir dan keluarga

Posisi keenam dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia masih dipegang oleh Dato Sri Tahir yang memiliki harta kekayaan sebesar US$5,7 miliar atau sekitar Rp86,78 triliun. Harta kekayaannya tersebut berasal dari gurita bisnisnya di sektor perbankan, real estate, hingga kesehatan.

7. Chairul Tanjung

Selanjutnya ada pemilik CT Group, Chairul Tanjung yang tak tergeser dari posisi orang terkaya ketujuh di Indonesia. Tokoh yang dijuluki 'Si Anak Singkong' tersebut memiliki harta kekayaan yang mencapai US$5 miliar atau setara Rp76,12 triliun. 

8. Djoko Susanto 

Lalu ada pemilik bisnis ritel Alfamart Djoko Susanto yang konsisten berada di posisi kedelapan orang terkaya di Indonesia. Harta kekayaan pemilik salah satu bisnis ritel minimarket terbesar di tanah air itu mencapai US$4,3 miliar atau sekitar Rp65,46 triliun.

9. Dewi Kam

Dewi Kam menduduki posisi orang terkaya kesembilan di Indonesia dengan harta kekayaan yang menembus US$4,2 miliar atau sekitar Rp63,94. Capaian tersebut membuat Dewi berhasil menyalip posisi dari pemilik Grup Harita Lim Hariyanto Wijaya Sarwono.

Selain menjadi satu-satunya wanita yang masuk ke jajaran 10 orang terkaya di Indonesia, Dewi Kam juga sempat dinobatkan sebagai wanita terkaya di kawasan Asia Tenggara berkat kegiatan bisnisnya di Hong Kong dan China.

10. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Posisi kesepuluh dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia ditempati oleh pemilik Grup Harita Lim Hariyanto Wijaya Sarwono dengan total harta kekayaan sebesar US$4,1 miliar atau sekitar Rp62,42 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper