Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hartono Bersaudara Kembali Kudeta Posisi Low Tuck Kwong, Terkaya di Indonesia!

Pemilik Grop Djarum dan Bank BCA (BBCA) Robert Budi Hartono menempati posisi teratas dalam 10 orang terkaya di tanah air menggeser posisi Low Tuck Kwong.
Forbes Real Time Billionaire merilis sejumlah nama yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Pemilik Grup Djarum dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono menempati posisi teratas dalam pencarian orang terkaya di tanah air. Bloomberg/Dimas Ardian
Forbes Real Time Billionaire merilis sejumlah nama yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Pemilik Grup Djarum dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono menempati posisi teratas dalam pencarian orang terkaya di tanah air. Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA — Forbes Real Time Billionaire merilis sejumlah nama yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Pemilik Grup Djarum dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) Robert Budi Hartono menempati posisi teratas dalam pencarian orang terkaya di tanah air.

Melansir data Forbes per Agustus 2023, harta kekayaan milik pria asal Semarang ini tembus US$26 miliar atau sekitar Rp398,34 triliun. Meski kekayaannya mengalami penurunan sebesar 0,39 persen, hal tersebut tidak membuat Robert tergeser dari posisi teratas orang terkaya di Indonesia.

Sebelumnya, Robert juga berhasil menggeser posisi raja batubara Indonesia Low Tuck Kwong sebagai orang terkaya di Indonesia pada Juli 2023.

Berikut adalah daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes Agustus 2023:

1. Robert Budi Hartono 

Robert menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan yang mencapai US$26 miliar atau setara Rp398,34 triliun. 

2. Michael Bambang Hartono 

Posisi kedua teratas daftar orang terkaya di Indonesia kembali ditempati oleh saudara dari Robert Budi Hartono, Michael Bambang Hartono yang menjalani bisnis serupa dengan sang adik.

Sama seperti sang adik, harta kekayaan Michael juga mengalami penurunan tipis sebesar 0,39 persen hingga pertengahan Agustus 2023. Dirinya tercatat memiliki harta kekayaan senilai US$24,9 triliun atau setara Rp381,49 triliun. 

3. Low Tuck Kwong 

Di posisi ketiga, ada bos batubara tanah air Low Tuck Kwong. Meski sebelumnya konsisten berada di posisi teratas daftar orang terkaya di Indonesia, Low Tuck Kwong harus tergeser ke posisi ketiga dalam daftar pada Agustus 2023.

Meski demikian, harta kekayaan Low Tuck Kwong sejatinya mengalami peningkatan sebesar 0,27 persen menjadi US$24,7 miliar atau sekitar Rp378,42 triliun per Sabtu (19/8/2023). 

4. Prajogo Pangestu 

Konglomerat selanjutnya yang berhasil masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia adalah Prajogo Pangestu. Dia berhasil menyalip pengusaha tekstil dan petrokimia terbesar di Indonesia, Sri Prakash Lohia.

Harta kekayaan pemilik emiten batubara PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) itu tembus ke angka US$7,5 miliar atau Rp114,90 triliun. Hal ini menandakan bahwa harta kekayaan Prajogo telah mengalami penurunan sebesar 1,26 persen. 

5. Sri Prakash Lohia

Pendiri Indorama Corporation Sri Prakash Lohia menjadi orang terkaya keempat di Indonesia dengan harta kekayaan sebesar US6,9 miliar atau setara Rp105,71 triliun.

Namun sayangnya, meski berhasil masuk ke dalam 5 besar orang terkaya di Indonesia, Sri Prakash Lohia harus mencatat penurunan jumlah harta kekayaan sebesar 0,17 persen. 

6. Tahir dan keluarga 

Dato Sri Tahir menempati posisi keenam dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Tahir tercatat memiliki total kekayaan sekitar US5,8 miliar atau sekitar Rp88,86 triliun yang berasal dari gurita bisnis di sektor perbankan, kesehatan, hingga real estate. 

7. Chairul Tanjung 

Di posisi selanjutnya ada Chairul Tanjung, pemilik CT Group. Per 19 Agustus 2023, tokoh yang terkenal dengan julukan 'Si Anak Singkong' itu tercatat memiliki harta kekayaan yang mencapai US$4,9 miliar atau sekitar Rp75,07 triliun. 

8. Djoko Susanto 

Kemudian ada pemilik bisnis ritel Alfamart Djoko Susanto yang konsisten di posisi kedelapan orang terkaya di Indonesia.

Pemilik salah satu bisnis ritel minimarket terbesar di tanah air ini berharta kekayaan US$4,4 miliar atau setara Rp67,41 triliun. Hal ini menandakan bahwa harta kekayaan Djoko turun sekitar 1,33 persen. 

9. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono 

Pemilik Grup Harita Lim Hariyanto Wijaya Sarwono menyusul di urutan kesembilan dalam daftar orang terkaya di RI. Per 19 Agustus 2023, Lim memiliki harta kekayaan yang mencapai US$4 miliar atau setara Rp61,28 triliun.

Harta kekayaan pria kelahiran Samarinda, Kalimantan Timur ini turun sekitar 0,81 persen. 

10. Dewi Kam 

Dewi Kam menjadi satu-satunya wanita yang berhasil masuk ke dalam jajaran 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Harta kekayaan Dewi terpantau meningkat 0,27 persen menjadi US$4 miliar atau Rp61,28 triliun per 19 Agustus 2023.

Adapun, Dewi sebelumnya sempat dinobatkan sebagai wanita terkaya di kawasan Asia Tenggara. Dia merupakan seorang pengusaha dengan kegiatan bisnis di Hong Kong dan China. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper