Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pefindo Naikkan Peringkat SIG (SMGR) Menjadi idAA+ Positif

Pefindo menaikkan peringkat PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) atau SIG menjadi idAA+ Positif, dari sebelumnya berada pada peringkat idAA+ Stabil.
Pefindo menaikkan peringkat PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) atau SIG menjadi idAA+ Positif, dari sebelumnya berada pada peringkat idAA+ Stabil. /Dwi Nicken Tari
Pefindo menaikkan peringkat PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) atau SIG menjadi idAA+ Positif, dari sebelumnya berada pada peringkat idAA+ Stabil. /Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo menaikkan peringkat PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) atau SIG menjadi idAA+ Positif, dari sebelumnya berada pada peringkat idAA+ Stabil. 

Pefindo juga menetapkan peringkat IdAA+ untuk Obligasi Berkelanjutan II, serta Obligasi Berkelanjutan I Tahap II Seri A dan Seri B Tahun 2019 dan Obligasi Berkelanjutan II Tahap I Seri A dan Seri B Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Perseroan. 

Sekretaris Perusahaan SIG Vita Mahreyni mengatakan di tengah kondisi pasar semen domestik yang kompetitif, kenaikan peringkat ini menjadi pengakuan atas kemampuan perseroan dalam menjaga kinerja tetap positif, sekaligus memenuhi komitmen keuangan jangka panjang.

Menurutnya, kenaikan peringkat tersebut juga menjadi lecutan semangat bagi perusahaan untuk meningkatkan kemampuan sebagai pemimpin di industri bahan bangunan tanah air, melalui penyediaan inovasi layanan dan produk berkualitas bagi kebutuhan pembangunan. 

“Kami juga siap mempertahankan kinerja positif dengan mengamankan sektor penjualan dan pendapatan, mendorong efisiensi melalui peningkatan operational excellence, hingga pengelolaan finansial yang baik,” kata Vita dalam siaran pers, Jumat (18/8/2023). 

Sepanjang tahun lalu, emiten berkode saham SMGR ini membukukan kenaikan laba 15,5 persen menjadi Rp2,36 triliun dibandingkan periode yang sama pada 2021 sebesar Rp2,04 triliun. 

Catatan kinerja positif tersebut juga berlanjut sampai dengan semester I/2023. Pada periode ini. SMGR membukukan kenaikan laba sebesar 3,1 persen secara tahunan menjadi Rp866 miliar. 

Selain itu, perolehan pendapatan sepanjang semester I/2023 tercatat mencapai Rp17,03 triliun. Jumlah tersebut naik 1,98 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, kenaikan pendapatan SMGR didorong oleh meningkatnya kinerja penjualan kepada pihak ketiga yang naik 2,19 persen year-on-year (YoY) dari Rp15,73 triliun menjadi Rp16,07 triliun pada semester I/2023.

Perinciannya, penjualan semen berkontribusi sebesar Rp13,02 triliun atau turun 0,82 persen YoY lalu disusul penjualan terka yang melesat 22,23 persen secara tahunan menjadi Rp1,55 triliun.

Sementara itu, penjualan beton jadi dan siap pakai menyumbang Rp766,19 miliar, kemudian bahan bangunan nonsemen mencapai Rp314 miliar, persewaan tanah sebesar Rp27,30 miliar, dan kantong semen berkontribusi sebesar Rp18,57 miliar.

Di sisi lain, pendapatan yang bersumber dari penjualan pihak berelasi turun 1,48 persen YoY menuju angka Rp954,05 miliar. Hal ini disebabkan oleh penurunan penjualan semen dan beton jadi yang masing-masing turun 0,74 persen YoY dan 6,96 persen YoY.

“Tren positif ini membuat kami semakin optimistis dapat mempertahankan kinerja positif pada semester II/2023,” kata Vita.

Saat ini, SIG merupakan pemimpin industri semen nasional dengan menguasai lebih dari 50 persen pangsa pasar. Dalam menjalankan bisnisnya, perseroan didukung pabrik semen terintegrasi di 9 lokasi, pabrik pengemasan di 26 lokasi, 8 pabrik penggilingan semen, 7 pelabuhan, 385 distributor dan lebih dari 70.000 toko ritel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper