Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Summarecon (SMRA) Siapkan Dana Rp400 Miliar untuk Akuisisi Lahan

PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA) menyiapkan dana sebesar Rp400 miliar untuk akuisisi lahan pada 2023. Adapun total anggaran belanja modal Rp700 miliar.
Sebuah bus anterjemput melintas di tengara (landmark) kawasan Summarecon Bekasi./summarecon.com
Sebuah bus anterjemput melintas di tengara (landmark) kawasan Summarecon Bekasi./summarecon.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA) menyiapkan dana sebesar Rp400 miliar untuk akuisisi lahan pada 2023. Adapun total anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) yang disiapkan mencapai Rp700 miliar.

Corporate Secretary Summarecon Agung Jemmy Kusnadi mengatakan pihaknya tidak memasang target luasan tertentu dalam melakukan akuisisi lahan. Namun, Summarecon telah menyiapkan Rp400 miliar untuk akuisisi lahan di lokasi yang sudah ada.

“Kita budget Rp400 miliar untuk akuisisi lahan dan ini pun juga hanya untuk lokasi-lokasi existing. Kita belum melihat untuk lokasi baru,” ujar Jemmy dikutip Jumat (16/6/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan Summarecon telah menggelontorkan dana capex sebesar Rp300 miliar per kuartal I/2023. Dana tersebut digunakan untuk akuisisi lahan dan juga pengembangan investasi properti.

Namun, dia tidak menyebutkan lokasi dari akuisisi lahan yang telah dilakukan. Sementara untuk pengembangan investasi properti untuk portofolio di Summarecon Bandung, dan Summarecon Villaggio Jakarta Luxury Outlet.

Summarecon Bandung memiliki total area sekitar 373 hektare dengan total area yang telah dibangun seluas 40 hektare atau sekitar 11 persen. Kemudian lahan tersedia untuk dibangun seluas 333 hektare atau sekitar 89 persen dari lahan tersedia.

Sejauh ini Summarecon Bandung telah memiliki lebih dari 1.390 perumahan dengan lebih dari 320 ruko. Dalam rencana pembangunan masih terdapat Harris Hotel Summarecon Bandung, dan beberapa gedung sekolah.

Summarecon menyiapkan dana anggaran belanja modal atau capital expenditure sebesar Rp700 miliar pada 2023 naik 11 persen dari tahun lalu. Dana tersebut rencananya digunakan untuk pembangunan proyek Summarecon Crown Gading dan Summarecon Bogor.

Presiden Direktur Summarecon Agung Adrianto P. Adhi sebelumnya mengatakan masih terdapat banyak lahan yang dapat dikembangkan pada proyek Summarecon Crown Gading. Selain itu, saat ini proyek tersebut masih dalam tahap pembangunan termasuk mempersiapkan infrastruktur yang ada

“Kita melanjutkan infrastruktur sekaligus akan melakukan pengembangan baru apa yang akan kita jual,” ujar Adrianto kepada Bisnis, Rabu (18/1/2023).

Proyek Summarecon Crown Gading memiliki luas lahan mencapai 437 hektare dengan beberapa fasilitas yang tersedia terdiri dari pusat perbelanjaan, sekolah, pusat kuliner, dan hotel. Proyek ini ditargetkan dapat dibuka pada semester II/2022, sedangkan dalam periode pengembangannya diperkirakan melebihi 10 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper