Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi XL Axiata (EXCL) Hadapi Persaingan Konvergensi Telkomsel-Indihome

EXCL telah mengembangkan fixed-mobile convergence (FMC) melalui jalur inorganik lewat akuisisi PT Link Net Tbk. (LINK) dan organik melalui pembangunan homepass.
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini/XL Axiata
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini/XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menyampaikan telah mendahului langkah Telkomsel-Indihome menjadi operator fixed-mobile convergence (FMC) di Indonesia. 

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan EXCL merupakan operator telekomunikasi pertama yang meluncurkan layanan FMC. Menurutnya, EXCL telah mengembangkan FMC melalui jalur inorganik lewat akuisisi PT Link Net Tbk. (LINK) dan organik melalui pembangunan homepass.

"Pembangunan homepass ini sudah tersedia 1 juta homepass. Jadi bukan hanya kami punya produk bundling, tapi operasi kami, network kami dibuat untuk bisnis FMC," kata Dian di Jakarta, Senin (10/4/2023). 

Dari sisi organisasi, lanjutnya, EXCL juga sudah melakukan reorganisasi yang operasinya sudah didesain mengoperasikan bisnis FMC.

Dia menuturkan, EXCL mengutamakan pengalaman digital dalam layanan FMC ini. Dengan demikian, average revenue per user (ARPU) dari FMC diharapkan tidak akan terjadi penurunan seperti yang terjadi di segmen mobile. 

"Menurut saya FMC tidak akan seperti mobile, karena untuk FMC itu yang akan ditingkatkan efisiensinya. Jadi menurut saya tidak akan terjadi penurunan ARPU untuk XL home seperti mobile," ujarnya. 

Untuk tahun ini, EXCL akan mendorong layanan konvergensi atau FMC dengan berfokus pada segmen keluarga dan korporasi. 

Layanan internet rumah milik EXCL yaitu XL Home, diharapkan dapat terhubung dengan 450.000 rumah di Indonesia, meningkat 275 persen dibandingkan November tahun sebelumnya yang sekitar 120.000 pelanggan. 

XL juga berharap dari total rumah yang terlayani XL Home pada tahun ini, sepertiganya atau 150.000 rumah juga menggunakan layanan seluler XL atau konvergensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper