Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Dolar AS Bukan Nomor Satu

Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda. Berikut ini daftar mata uang tertinggi di dunia yang penting untuk diketahui.
10 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Dolar AS Bukan Nomor Satu (pexels)
10 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Dolar AS Bukan Nomor Satu (pexels)

Bisnis.com, JAKARTA - Mata uang tertinggi di dunia mendapat pengaruh dari aliran modal, suku bunga, inflasi, dan jumlah uang yang beredar.

Jika inflasi rendah, maka nilai mata uang akan semakin meningkat. Lantas, bagaimana urutan mata uang tertinggi di dunia? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia

Terdapat beberapa mata uang yang nilainya tinggi. Berikut ini 10 daftar mata uang tertinggi di dunia, Dolar AS salah satunya. 

  • Dinar Kuwait

Mata uang tertinggi di dunia yaitu Dinar Kuwait. Kuwait menjadi negara eksportir minyak bumi terbesar di dunia. Tidak hanya itu, salah satu sumber utama ekonomi dari Kuwait berasal dari gas, sehingga tidak heran kalau mata uang Dinar Kuwait menempati posisi pertama dalam daftar mata uang terbesar di dunia. Pasalnya, mulai Februari 2023, harga 1 dinar Kuwait sama dengan Rp 49 ribuan atau USD 3.30.

  • Dinar Bahrain

Mulai bulan Februari 2023, 1 Dinar Bahrain setara dengan Rp 40 ribuan atau USD 2.65. Sama halnya dengan Kuwait, sumber ekonomi Bahrain juga berasal dari minyak bumi. 

  • Riyal Oman

Mata uang terbesar di dunia yang kedua yaitu riyal. Meskipun cadangan minyaknya sedikit, Oman menjadi negara pengekspor minyak sebab lokasinya yang berada di Teluk Persia sehingga volume minyaknya dapat dikendalikan. 

Mulai Februari 2023, 1 riyal Oman sama dengan Rp 40 ribuan dan USD 2.65. Mata uang kertas riyal bergambar Raja Qaboos bin Said dan bangunan bersejarah. 

  • Dinar Yordania

Mata uang tertinggi di dunia selanjutnya adalah Dinar Yordania. Dinar Yordania resmi dipakai sejak tahun 1949, menggantikan pound Transjordan. 

Mata uang ini sering dipakai dalam perdagangan internasional dan menjadi mata yang terus stabil di Timur Tengah. Mulai Februari 2023, 1 dinar Yordania setara dengan Rp 21 ribuan dan USD 1.41. 

  • Pound Sterling

Pound Sterling menjadi mata uang tertua di dunia yang telah digunakan sejak abad ke-8 Masehi. Mata uang ini paling sering digunakan dalam perdagangan internasional dan digunakan sebagai mata uang cadangan oleh banyak bank sentral di dunia. 

Mulai Februari 2023, 1 Poundsterling setara dengan Rp 18 ribuan dan USD 1.21. Desain dari uang kertas dan koin poundsterling bergambar sejarah dan budaya Inggris. 

  • Dollar Cayman Islands

Mata uang terbesar di dunia keenam adalah Dolar Kepulauan Cayman. Biasanya mata uang ini digunakan di luar Kepulauan Cayman.

Sumber utama mata uang Dollar Cayman berasal dari layanan perbankan hingga asuransi yang dimulai Februari 2023, 1 Dollar Cayman Islands setara dengan Rp 18 ribuan dan USD 1.20. 

  • Euro

Mata uang Euro termasuk salah satu mata uang yang paling banyak diperdagangkan di dunia dan digunakan sebagai mata uang cadangan oleh bank sentral di seluruh dunia. Mata uang ini digunakan di 19 negara Uni Eropa, seperti Austria, Belgia, Siprus, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Portugal, Spanyol, Slovakia, dan Slovenia. Mulai November 2021, 1 Euro sama dengan Rp 16 ribuan dan USD 1.07. 

  • Franc Swiss

Swiss merupakan salah satu negara terkaya dengan ekonomi yang stabil. Swiss mengandalkan sektor pariwisata sebagai sumber kekuatannya. 1 Franc Swiss setara dengan Rp 15 ribuan dan USD 1.08. 

  • Dolar AS

Mata uang tertinggi di dunia satu ini sangat familiar di dunia. Dolar AS banyak digunakan sebagai perdagangan internasional dan sering menjadi patokan konversi mata uang. 1 USD Setara dengan Rp 14 ribuan. 

  • Dolar Kanada

Mata uang tertinggi di dunia yang kesepuluh adalah Dolar Kanada. Mata uang ini bergantung dengan nilai USD. 1 Dolar Kanada setara dengan USD 0.79.

 

Demikian 10 daftar mata uang terbesar di dunia. Meski Dolar AS sering menjadi patokan konversi mata uang. Namun ternyata mata uang tersebut bukanlah yang terbesar di dunia, melainkan Dinar Kuwait. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper