Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berhasil Balikkan Rugi Jadi Laba, Saham Hero Supermarket (HERO) Melesat 13 Persen

Saham PT Hero Supermarket Tbk. (HERO) melesat 13,93 persen usai perseroan mampu balikan rugi menjadi laba sebesar Rp59,11 miliar.
Hero Supermarket Taman Alfa, Jakarta Barat - BISNIS/Ni Luh Angela.
Hero Supermarket Taman Alfa, Jakarta Barat - BISNIS/Ni Luh Angela.

Bisnis.com, JAKARTA — Saham emiten ritel pengelola jaringan IKEA PT Hero Supermarket Tbk. (HERO) melesat 13,93 persen ke harga Rp1.390 pada perdagangan Selasa (21/3/2023). Kenaikan saham terjadi seiring dengan laporan kinerja perseroan yang membukukan perbaikan sepanjang 2022.

Berdasarkan data RTI, saham HERO diperdagangkan di rentang Rp1.160—Rp1.395 sepanjang sesi. Sebanyak 52.700 saham ditransaksikan dengan nilai total mencapai Rp68,10 miliar.

Kenaikan harga saham HERO sejalan dengan perbaikan kinerja yang dilaporkan perusahaan. Berdasarkan laporan keuangan 2022, perusahaan yang juga mengelola supermarket Hero ini membukukan pendapatan sebesar Rp4,43 triliun. Angka itu mencerminkan kenaikan 27,44 persen dari capaian 2021 sebesar Rp3,48 triliun.

Sejalan dengan kenaikan pendapatan, beban pokok pendapatan HERO juga meningkat 31,51 persen secara tahunan sehingga menjadi Rp2,58 triliun, dari Rp1,96 triliun pada 2021. Meski demikian, laba kotor tercatat tetap tumbuh 22,18 persen year on year (YoY) dari Rp1,51 triliun pada 2021 menjadi Rp1,85 triliun pada 2022.

Dari sisi bottom line, HERO melaporkan laba tahun berjalan sebesar Rp59,11 miliar, berbalik dari rugi sebesar Rp963,52 miliar pada 2021. Kinerja yang positif ini turut disumbang oleh laba tahun berjalan dari operasi yang dihentikan sebesar Rp366,85 miliar.

Presiden Direktur Hero Supermarket Patrik Lindvall menjelaskan peningkatan signifikan pada kinerja HERO disebabkan olehh pelonggaran pembatasan terkait Covid-19, terutama di semester kedua 2022. Guardian membukukan pertumbuhan dua digit dalam penjualan like-for-like sepanjang tahun, sementara IKEA juga membukukan pertumbuhan penjualan year-on-year yang solid.

Patrik juga menjelaskan bahwa perbaikan bottom line turut dipicu oleh pemasukan yang diperoleh dari pelepasan sejumlah aset yang dimiliki. Sebagaimana diketahui, Hero Supermarket telah menghentikan operasi Giant pada Juli 2021 dan menjual atau mengubah fungsi beberapa aset properti.

“Terdapat peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan kinerja tahun sebelumnya, hal ini didukung oleh keuntungan dari divestasi beberapa properti yang dimiliki,” kata Patrik dalam keterangan resmi.

Patrik melaporkan HERO berhasil melakukan divestasi tiga properti yang dimiliki pada kuartal kedua 2022. Hasil dari transaksi tersebut telah memperkuat posisi keuangan HERO guna mendukung profitabilitas di masa mendatang. HERO juga telah menjual satu properti lainnya pada Januari 2023 dan langkah ini diharapkan memperkuat posisi keuangan ke depan.

HERO tercatat melakukan divestasi kepada PT Okabe Hardware Indonesia pada Oktober 2022. Aset yang dilepas adalah tanah seluas 11.240 meter persegi, dengan bangunan 2 lantai (12.406 meter persegi).

Laporan penilaian mengungkapkan bahwa nilai pasar dari tanah dan bangunan tersebut adalah Rp196 miliar. Transaksi penjualan ke PT Okabe Hardware Indonesia ditetapkan pada harga Rp200 miliar.

Kemudian pada November 2022, HERO melakukan divestasi aset berupa tanah, bangunan, serta aset dalam bangunan kepada PT Pro Alpine Utama. Luas tanah tersebut mencapai 25.633 meter persegi, dengan luas bangunan yang terdiri atas 2 lantai (20.003 meter persegi).

Laporan penilaian mengungkapkan bahwa nilai pasar dari tanah dan bangunan tersebut adalah Rp187 miliar. Transaksi penjualan ke PT Pro Alpine Utama ditetapkan di harga Rp180 miliar. Nilai divestasi tersebut telah mengacu pada pendapat kewajaran terhadap transaksi yang penilaiannya dilakukan oleh Kantor Jasa Penilai Publik Yanuar, Rosye dan Rekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper