Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: BEI Peringatkan Underwriter, Saham Nyangkut Dapen Bukit Asam & Pertamina

Kabar mengenai BEI peringatkan underwriter terkait saham anjlok saat IPO menjadi berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com.
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Para investor di pasar modal mencermati berita mengenai BEI memberikan peringatkan kepada perusahaan underwriter karena saham beberapa emiten loyo saat IPO.

Selain itu, kabar soal dana pensiun Bukit Asam dan Pertamina terperangkap pada emiten dengan risiko delisting juga menarik perhatian pelaku pasar modal.

Berikut daftar lengkap 5 berita terpopuler Kanal Market Bisnis.com:

1. Saham IPO Anjlok saat Debut, BEI Sentil Underwriter

Harga saham sejumlah emiten yang baru IPO di bursa langsung anjlok pada perdagangan perdananya, menanggapi hal ini Bursa Efek Indonesia memberi peringatan kepada underwriter emitennya.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna mengatakan, bursa melakukan beberapa hal terkait dengan saham emiten-emiten yang anjlok bahkan menyentuh ARB saat IPO.

2. Harga Emas Antam Hari Ini Diskon Besar, Termurah Rp560.000

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam terpantau turun signifikan pada perdagangan hari ini, Rabu (8/3/2023).

Adapun untuk cetakan paling murah dihargai Rp560.000 Berdasarkan informasi dari Unit Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga dasar emas 24 karat ukuran 1 gram dijual Rp1.020.000, harga ini turun Rp12.000 dibandingkan dengan hari sebelumnya, Selasa (7/3/2023).

3. Dana Pensiun Bukit Asam dan Pertamina Nyangkut di Saham Risiko Delisting

Beberapa dana pensiun terpantau terperangkap pada emiten yang berisiko delisting, beberapa diantaranya adalah Dana Pensiun Bukit Asam (DPBA) dan Dana Pensiun Pertamina.

Berdasarkan data KSEI per 8 Maret 2023, DPBA terpantau menjadi pemilik saham dua emiten yang terancam delisting, yaitu PT Ratu Prabu Energi Tbk. (ARTI) dan PT Eureka Prima Jakarta Tbk. (LCGP).

Sementara itu Dana Pensiun Pertamina tercatat berada di PT Sugih Energy Tbk. (SUGI).

4. Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 8 Maret 2023

Nilai tukar rupiah hari ini diprediksi tertekan oleh lonjakan dolar AS akibat testimoni Ketua Federal Reserve Jerome Powell di hadapan Kongres AS yang secara eksplisit mengatakan suku bunga acuan akan tetap tinggi.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan setelah memberikan kenaikan yang signifikan tahun lalu, The Fed menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada dua pertemuan terakhirnya, tetapi data ekonomi yang tangguh sepanjang Februari memicu kekhawatiran bank sentral akan kembali ke langkah yang lebih besar.

5. Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini, 8 Maret 2023

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan koreksi pada perdagangan hari ini, Rabu (8/3/2023) dan bergerak di rentang 6.700 hingga 6.850.

Analis RHB Sekuritas Muhammad Wafi menjelaskan IHSG terlihat kembali melakukan koreksi dengan membuat Lower Low (LL) level disertai volume dan berpeluang untuk tutup gap bawah yang terjadi pada Januari 2023.

“Meski berpeluang untuk melakukan technical rebound (pullback), namun selama tidak mampu breakout resistance garis MA50 maka berpeluang untuk kembali membuat LL level,” katanya dalam riset harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper