Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 Resmi Terdaftar di Bursa, Tawarkan 2 Keunggulan

Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 memiliki biaya pengelolaan yang kompetitif serta keterbukaan informasi yang transparan. 
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu kantor perusahaan sekuritas di Jakarta, Kamis (12/1/2023). Bisnis/Suselo Jati
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu kantor perusahaan sekuritas di Jakarta, Kamis (12/1/2023). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - PT Mandiri Manajemen Investasi meluncurkan Reksa Dana Mandiri ETF LQ45, yaitu reksa dana yang berinvestasi pada saham-saham blue chip di Indeks LQ45

Direktur Utama Mandiri Investasi Aliyahdin Saugi mengatakan indeks LQ45 dipilih karena indeks ini memiliki underlying yang likuid sehingga menjadi pilihan investor untuk dapat menikmati pertumbuhan ekonomi nasional. Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 diharapkan memberikan imbal hasil yang optimal secara jangka panjang kepada para investor. 

"Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 memiliki 2 ciri khas," katanya, Senin (6/3/2023). 

Pertama adalah struktur Exchange Traded Fund, yaitu Reksa Dana yang unit penyertaannya diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia, sehingga investor dapat bertransaksi layaknya saham biasa melalui perusahaan sekuritas. 

Kedua, Mandiri ETF LQ45 dikelola untuk mengikuti imbal hasil indeks LQ45 yang isinya merupakan 45 saham blue chip dengan likuiditas dan fundamental yang baik dan merefleksikan mayoritas dari pasar saham Indonesia.

Ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan produk Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 dibanding Reksa Dana lain. Keunggulan utamanya adalah produk ini berinvestasi di pasar penggerak perekonomian Indonesia, di mana Indeks LQ45 merepresentasikan 45 perusahaan terbesar dan paling likuid di Indonesia yang menjadi proxy pertumbuhan ekonomi. 

"Dengan total kapitalisasi pasar sekitar 56.68 persen dari IHSG, saham-saham Indeks LQ45 dapat dijadikan sarana yang efisien bagi investor untuk memiliki exposure pada pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Adi. 

Selain itu, LQ45 mencakup hampir 60 persen kapitalisasi pasar dari IHSG sehingga dapat menjadi gambaran atas perkembangan saham Indonesia secara umum.

Keunggulan lainnya adalah investasi yang transparan dengan biaya yang kompetitif. Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 memiliki biaya pengelolaan yang kompetitif serta keterbukaan informasi yang transparan. 

Indeks LQ45 umumnya melakukan 4 kali review dan rebalancing setiap tahunnya, yakni 2 major review pada bulan Januari dan Juli, kemudian 2 minor review pada bulan April dan Oktober. Tinjauan ulang hanya akan dilakukan apabila terdapat situasi yang signifikan. 

Seecara historis, pada periode Januari 2012 hingga Januari 2023, kinerja dari LQ45 memiliki korelasi yang positif terhadap Indeks Keyakinan Konsumen (IKK). 

Dengan kelebihan Reksa Dana LQ45 yaitu investasi yang transparan dengan biaya kompetitif, membuat Adi optimistis bahwa produk investasi terbaru ini akan mendapat sambutan positif dari investor domestik dan asing.

Transaksi Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 dilakukan melalui Perusahaan Sekuritas dengan 2 metode pembelian, yaitu dengan melakukan pembelian melalui pasar primer ataupun pasar sekunder. 

Pasar primer adalah pasar dimana efek-efek diperdagangkan untuk pertama kalinya sebelum dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. 

Pada pasar primer, yang bertindak sebagai perantara perdagangan efek adalah Mandiri Sekuritas sebagai dealer partisipan, bekerja sama dengan Mandiri Investasi dalam melakukan transaksi penjualan maupun pembelian unit penyertaan. 

Transaksi jual-beli di pasar primer dapat dilakukan dengan minimal pembelian 1 basket (1000 lot atau 100.000 unit penyertaan). 

Pasar sekunder adalah pasar dimana efek-efek yang telah dicatatkan di Bursa Efek diperjualbelikan. Pada pasar ini, yang berperan sebagai perantara perdagangan efek adalah perusahaan sekuritas. 

Investor dapat membeli dan menjual Unit Penyertaan Mandiri ETF LQ45 melalui perusahaan sekuritas. 

Transaksi jual-beli di pasar sekunder dapat dilakukan dengan minimal pembelian yang lebih rendah, yaitu 1 lot atau 100 unit penyertaan.  Harga transaksi tersebut ditentukan oleh perusahaan sekuritas secara real-time mengikuti harga pasar pada saat transaksi dilakukan.

“Kami yakin dengan tingginya aliran dana investasi asing dan domestik ke pasar modal Indonesia, Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 ini dapat mencapai target dalam satu tahun pertama,” ucap Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper