Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Susunan Komisaris GOTO setelah Agus Marto Cs Masuk

RUPSLB GOTO angkat Agus Martowardojo sebagai komisaris, Sugito Walujo sebagai komisaris, Winato Kartono sebagai komisaris, dan Marjorie Tiu sebagai komisaris.
Komisaris Utama GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Garibaldi Boy Thohir ditemui di Jakarta. RUPSLB GOTO angkat Agus Martowardojo sebagai komisaris, Sugito Walujo sebagai komisaris, Winato Kartono sebagai komisaris, dan Marjorie Tiu sebagai komisaris. Bisnis/Annisa Kurniasari Saumi.
Komisaris Utama GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Garibaldi Boy Thohir ditemui di Jakarta. RUPSLB GOTO angkat Agus Martowardojo sebagai komisaris, Sugito Walujo sebagai komisaris, Winato Kartono sebagai komisaris, dan Marjorie Tiu sebagai komisaris. Bisnis/Annisa Kurniasari Saumi.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) menyampaikan telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis (2/3/2023). Sejumlah nama seperti Agus Martowardojo hingga Patrick Walujo masuk dalam daftar.

Para pemegang saham menyetujui beberapa perubahan dalam susunan dewan komisaris dan direksi perseroan, di antaranya penunjukan Agus Martowardojo sebagai komisaris, Sugito Walujo sebagai komisaris, Winato Kartono sebagai komisaris, dan Marjorie Tiu Lao sebagai komisaris independen.

Lalu penunjukan Nila Marita sebagai direktur, Pablo Malay sebagai direktur, pengunduran diri Kevin Bryan Aluwi dari jabatannya sebagai komisaris, dan pengunduran diri Anthony Wijaya dari jabatannya sebagai direktur, di mana Anthony akan bertransisi ke peran barunya sebagai Chief Operating Officer Tokopedia.

Direktur Utama GOTO Andre Soelistyo menuturkan RUPSLB ini merupakan langkah penting untuk memperkuat komitmen GoTo dalam tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) serta fokusnya pada efisiensi operasional perseroan.

Menurutnya, para anggota baru Dewan Komisaris dan Direksi akan memberikan pandangan yang lebih beragam, kepemimpinan dan panduan yang kuat, dalam mendorong tujuan Perseroan mempercepat langkahnya menuju profitabilitas.

“RUPSLB hari ini memberikan dorongan yang penting dalam meningkatkan GCG sebagai sebuah perusahaan terbuka. Pemegang saham kami telah menyetujui perubahan jajaran Komisaris dan Direksi kami yang akan memperkuat fungsi pengawasan dan manajemen GOTO, dalam rangka memasuki babak baru perjalanan GOTO," kata Andre, Kamis (2/3/2023).

Dia melanjutkan perubahan ini dibuat bersamaan dengan restrukturisasi organisasional dalam tubuh GOTO yang juga termasuk penunjukan presiden unit bisnis.

Tak hanya memperkuat struktur kepemimpinan GOTO, menurutnya upaya GOTO untuk mendiversifikasi dewan komisaris dan direksi merefleksikan fokus GoTo untuk mempercepat langkah menuju profitabilitas dan menjadi perusahaan yang mandiri secara finansial.

"Pengalaman serta wawasan yang luas dan beragam dari para komisaris dan direksi akan berperan sangat penting seiring GoTo melaksanakan rencana bisnisnya, yang pada akhirnya akan menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pihak di dalam ekosistem GoTo,” ucapnya.

Menyusul penutupan RUPSLB, maka susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan adalah sebagai berikut, efektif sejak penutupan RUPSLB 2023.

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Garibaldi Thohir

Komisaris: William Tanuwijaya

Komisaris: Agus D. W. Martowardojo 

Komisaris: Patrick Sugito Walujo

Komisaris: Winato Kartono 

Komisaris: Wishnutama Kusubandio 

Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe

Komisaris Independen: Marjorie Tiu Lao

Komisaris Independen: Robert Holmes Swan

Direksi

Direktur Utama: Andre Soelistyo

Direktur: Wei-Jye Jacky Lo

Direktur: Catherine Hindra Sutjahyo 

Direktur: Hans Patuwo

Direktur: Melissa Siska Juminto

Direktur: Nila Marita

Direktur: Pablo Malay

Pada agenda ketiga, para pemegang saham juga menyetujui satu perubahan anggaran dasar Perseroan yang tak lagi mewajibkan Perseroan mengumumkan laporan keuangannya di surat kabar, sejalan dengan ketentuan yang diwajibkan menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 14/POJK.04/2022.

Masyarakat masih dapat mengakses laporan keuangan GoTo di situs resmi Perseroan dan melalui keterbukaan informasi rutin di situs resmi Bursa Efek Indonesia.

Selain itu, sebelum pelaksanaan RUPSLB, GoTo telah mengumumkan perubahan dalam struktur kepemimpinannya yang bertujuan meningkatkan efisiensi operasional dan memampukan sinergi lebih kuat seiring Perseroan mempercepat langkahnya menuju profitabilitas.

Perubahan tersebut meliputi penunjukan tiga presiden unit bisnis Melissa Siska Juminto sebagai Presiden Unit Bisnis E-Commerce GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo sebagai Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, dan Hans Patuwo sebagai Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo.

Lalu, penetapan William Tanuwijaya sebagai Co-Chairman Dewan Komisaris GOTO bersama Garibaldi Thohir, yang juga merupakan Komisaris Utama dan Co-Chairman. GOTO juga melakukan penunjukan dua pemimpin baru untuk shared platform Grup GoTo, yaitu Severan Rault dan Ramesh Gururaja, yang masing-masing akan memimpin Divisi Teknologi Shared Consumer Platform. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper