Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengukur Keuntungan GOTO Perluas Manfaat GoPay Coins

Perluasan manfaat GoPay Coins dapat membantu meningkatkan efisiensi di GOTO sehingga akan mendukung percepatan profitabilitas.
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, Jakarta – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) gencar melakukan inovasi pada unit bisnis finansialnya sebagai salah satu strategi mempercepat profitabilitas. Teranyar, GOTO memperluas jangkauan manfaat GoPay Coins ke berbagai merchant online dan offline yang menggunakan layanan transaksi nontunai GoPay.

Analis Pasar Modal Hans Kwee menilai meluasnya penggunaan GoPay Coins yang kini menjangkau ekosistem di luar GOTO akan mendorong peningkatan pendapatan perseroan. Selain itu, tambahan pendapatan juga akan dipicu sebaran penggunaan GoPay Coins yang semakin luas sehingga mendorong peningkatan transaksi konsumen menggunakan GoPay di lebih banyak tempat.

”Ada peluang mendapat pendapatan lainnya karena uang yang ada di sistem bisa menghasilkan,” ungkapnya, Jumat (03/03/2023).

Selanjutnya, kata Hans, perluasan manfaat ini akan meningkatkan loyalitas konsumen. Kemudian biaya akuisisi pelanggan jadi turun sebab mendorong banyak pelanggan membuka GoPay Coins.

Di negara lain seperti China, kata Hans, transaksi memang didominasi nontunai atau melalui aplikasi. Hal yang sama memungkinkan terjadi di Indonesia dan ketika hal tersebut terwujud, GoPay akan mendapat keuntungan lantaran biaya akuisisi costumer lebih murah.

Pada akhirnya perluasan manfaat GoPay Coins dapat membantu meningkatkan efisiensi di GOTO sehingga akan mendukung percepatan profitabilitas.

Sebagai informasi, GoPay baru saja mengumumkan bahwa pengguna bisa mengumpulkan dan menukarkan GoPay Coins ketika bertransaksi di berbagai merchant online dan offline yang menggunakan layanan GoPay, termasuk XXI, Codashop, Hypermart, Blue Bird, Pizza Hut dan berbagai QRIS dan merchant online lainnya.

Dengan perluasan jangkauan manfaat GoPay Coins ke merchant di luar aplikasi Gojek dan Tokopedia, pengguna kini mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan cashback yang bisa secara langsung digunakan untuk mengurangi biaya transaksi.

”GoPay sebagai salah satu produk dari GoTo Financial, terus melakukan inovasi dan telah menjadi dompet digital terbaik dan paling banyak digunakan di Indonesia,” ujar Hans Patuwo, Presiden unit bisnis Financial Technology GoTo, dalam keterangan resminya.

Berdasarkan data kinerja GOTO pada kuartal III/ 2022, GoPay Coins sebagai sistem loyalitas pelanggan mampu meningkatkan akuisisi pelanggan lintas platform untuk GoPay sebesar 2,3 kali lebih tinggi dibanding insentif lain. Pada saat yang sama, terjadi penghematan beban akuisisi pelanggan sebesar 20 persen dibanding dengan insentif yang hanya bisa digunakan pada satu platform.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper