Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cak Investment Club Jadi Wadah Edukasi Gen Z Jago Investasi

Salah satu komunitas di Indonesia yang digagas oleh anak-anak muda jago investasi adalah Cak Investment Club.
salah satu komunitas di Indonesia yang digagas oleh anak-anak muda jago investasi adalah Cak Investment Club/Istimewa.
salah satu komunitas di Indonesia yang digagas oleh anak-anak muda jago investasi adalah Cak Investment Club/Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan jumlah investor pasar modal sebanyak 20 juta single investor identification (SID) hingga 2027. Jumlah itu naik dua kali lipat dibandingkan posisi 9 Februari 2023 yang sebanyak 10,5 juta SID.

Kelompok usia muda seperti milenial dan Gen Z terus digadang-gadang berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan SID. Berdasarkan data terakhir OJK, dominasi pertumbuhan jumlah investor berusia di bawah 30 tahun mencapai 58,55 persen.

Saat ini, terdapat banyak platform digital dan perusahaan broker saham yang mewadahi masyarakat untuk bisa berinvestasi dengan mudah. Setiap platfrom investasi berupaya memberikan pemahaman terkait investasi yang perlu dipelajari oleh para investor pemula.

Penting untuk mengetahui profil risiko yang dimiliki, analisa yang tepat, serta pengetahuan terkait perusahaan penyedia investasi. Hal inilah yang mendorong banyak komunitas investasi mulai bermunculan di Indonesia, sebagai wadah para investor untuk saling berbagi edukasi, pengalaman maupun tips-tips untuk berinvestasi.

Mengutip Instagram @cakinvestmentclub, Sabtu (18/2/2023), salah satu komunitas di Indonesia yang digagas oleh anak-anak muda jago investasi adalah Cak Investment Club. Komunitas ini menjadi wadah untuk sharing edukasi, pengalaman serta berbagai konten informatif lainnya yang dibagikan melalui berbagai sosial media, mulai dari TikTok, YouTube, dan Twitter hingga WhatsApp Group.

Gagasan ini dimulai oleh Cakra Praditya Himawan pada 14 Februari 2022, selaku Business Development di PT. Investrend Infotama Indonesia, dan berhasil membentuk tim yang berisi anak-anak muda melek investasi termasuk Bevan Pramudito, selaku Head of Media.

"Di dunia investasi, semua orang pasti akan mengalami naik dan turun. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita para investor untuk 'kaya' akan semua informasi tentang industri pasar modal dan berita-berita keadaan ekonomi domestik, maupun global agar kita bisa mengelola segala jenis investasi dengan lebih pandai," kata Cakra Praditya Himawan.

Menurut Cakra, Cak Investment Club memberikan konten informasi secara gratis dan bukan merupakan sebuah rekomendasi untuk membeli atau menjual. Sekarang ini, anggota Cak Investment Club terdiri dari berbagai sektor mulai dari retail trader, stock influencers, analis, broker, tim dari beberapa sekuritas, hingga fund managers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper