Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Pelindo (IPCC) Catat Bongkar Muat Mobil CBU Naik Drastis

Pertumbuhan volume bongkar muat IPCC pada Januari 2023 seiring dengan masih banyaknya permintaan akan kendaraan roda empat di masyarakat.
Mobil diparkir di kawasan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) di Jakarta, Rabu (12/9/2018)./JIBI-Abdullah Azzam
Mobil diparkir di kawasan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) di Jakarta, Rabu (12/9/2018)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten grup Pelindo, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC), mencatatkan pertumbuhan volume bongkar muat kendaraan terutama dari segmen completely built unit (CBU) pada Januari 2023.

Investor Relations Indonesia Kendaraan Terminal Reza Priyambada menerangkan pertumbuhan volume seiring dengan masih banyaknya permintaan akan kendaraan roda empat di masyarakat. Tidak hanya di dalam negeri namun, permintaan akan CBU di luar negeri pun juga masih menunjukan peningkatan.

Di awal tahun ini, tercatat volume bongkar muat kendaraan CBU di terminal IPCC sebanyak 32.629 unit atau mengalami peningkatan 86,28 persen YoY dari periode yang sama tahun lalu. Adapun angka tersebut berasal dari terminal internasional IPCC. 

Sementara itu, pada terminal domestik tercatat bongkar muat kendaraan CBU sebanyak 28.156 unit atau naik 33,75 persen dari tahun lalu. Pada terminal internasional, sebanyak 32.629 unit berasal dari bongkar muat CBU impor yang naik 99,43 persen YoY menjadi 5.283 unit dan bongkar muat CBU ekspor yang naik 83,94 persen menjadi 27.346 unit. 

Sementara itu, pada terminal domestik, angka 28.156 unit tersebut dikontribusi dari Terminal IPCC di Tanjung Priok, Jakarta dan sejumlah Terminal Satelit yang telah dioperasikan penuh oleh IPCC. Kontribusi paling besar masih dari terminal IPCC di Tanjung Priok, Jakarta dengan kontribusi penanganan bongkar muat CBU sebanyak 12.753 unit atau naik 3,25 persen YoY. 

Lalu, diikuti dengan Terminal Roro, Belawan, Medan yang memberikan kontribusi bongkar muat CBU sebanyak 6.750 unit atau naik 8,91 persen YoY dari tahun lalu. 

Sementara itu, dari Terminal Roro Makassar telah memberikan kontribusi penanganan bongkar muat CBU sebanyak 6.229 unit. Adapun tahun lalu Terminal Roro Makassar belum memberikan kontribusi karena belum tercatatkan dan di bawah kendali IPCC. Untuk Terminal Dwikora, Pontianak tercatat sebanyak 2.424 unit CBU atau lebih rendah 2,81 persen dari tahun lalu.

"Tentunya hal ini menjadi berkah bagi IPCC yang berujung pada peningkatan kinerja operasional.," katanya dalam keterangan, Rabu (15/2/2023).

Ke depan, kata Reza, IPCC terus berupaya mengembangkan portofolio bisnisnya dan cakupan area bongkar muat kendaraan di wilayah Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper