Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MSCI Tendang Saham ARTO dari Indeks Global, GOTO Batal Masuk

Saham bank digital PT Bank Jago Tbk. (ARTO) dikeluarkan dari MSCI Global Standard Indexes List.
Karyawan beraktivitas didepan logo Bank Jago di Jakarta, Senin (29/3/2021). Bisnis/Abdurachman
Karyawan beraktivitas didepan logo Bank Jago di Jakarta, Senin (29/3/2021). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan rebalancing portofolionya malam tadi atau Kamis (9/2/2023) waktu setempat. Saham ARTO dikeluarkan oleh MSCI, sementara saham GOTO tidak masuk indeks. 

Dalam keterangan resminya, manajemen Indeks MSCI mengatakan tanggal pengumuman indeks dilakukan pada 9 Februari 2023, dengan perubahan dilakukan pada 28 Februari 2023, dan akan berlaku efektif pada 1 Maret 2023. 

Saham bank digital PT Bank Jago Tbk. (ARTO) dikeluarkan dari MSCI Global Standard Indexes List. MSCI tidak melakukan penambahan saham baru dari Indonesia pada rebalancing portofolio kali ini. 

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) yang sempat digadang-gadang masuk ke indeks global, tidak dimasukkan MSCI pada rebalancing kali ini.

Sementara itu, MSCI memasukkan tiga saham Indonesia ke MSCI Small Cap Index, yakni saham PT Energi Mega Persada Tbk. (ENRG), PT Map Aktif Adiperkasa Tbk. (MAPA), dan PT Temas Tbk. (TMAS). Adapun saham milik Hary Tanoesoedibjo, PT MNC Kapital Indonesia Tbk. (BCAP) dikeluarkan pada rebalancing portofolio kali ini. 

Adapun rebalancing portofolio selanjutnya dijadwalkan MSCI pada Mei 2023, dengan pengumuman pada 11 Mei dan tanggal efektif pada 1 Juni 2023. 

Sebelumnya, beberapa waktu lalu MSCI mengakui papan new economy BEI setara dengan papan utama. Manajemen MSCI mengumumkan bahwa telah menganggap emiten dalam papan anyar itu setara dengan perusahaan-perusahaan dalam papan utama. 

Komite indeks global itu sebelumnya hanya mengakui emiten dalam papan utama dan pengembangan yang memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam MSCI.

"Berdasarkan tinjauan lebih lanjut, MSCI mengumumkan bahwa mulai 23 Desember 2022, Papan New Ekonomy akan dimasukkan sebagai bagian dari pasar yang memenuhi syarat untuk MSCI Global Investable Market Indexes (GIMI)," tulis manajemen.

Sementara itu, emiten dalam papan new economy yang telah masuk radar MSCI adalah GOTO. Pasalnya, GOTO telah menerima provisional rating AA dari MSCI untuk kinerja ESG perseroan. GOTO dinilai telah melakukan aksi melawan perubahan iklim, dan berada pada kuartal atas untuk keamanan data, privasi pengguna, dan pengelolaan tenaga kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper