Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semarak IPO 2023, BEI Kedatangan 4 Emiten Baru Hari Ini, Cek Profilnya

Sejumlah 4 emiten telah menyelesaikan proses IPO dan siap mencatatkan perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. Sejumlah 4 emiten telah menyelesaikan proses IPO dan siap mencatatkan perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. Sejumlah 4 emiten telah menyelesaikan proses IPO dan siap mencatatkan perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan 4 emiten baru yang telah menyelesaikan proses penawaran umum saham perdana atau IPO

Keempat emiten baru tersebut ialah PT Vastland Indonesia Tbk. (VAST), PT Haloni Jane Tbk. (JANE), PT Solusi Kemasan Digital Tbk. (PACK), dan PT Pelita Teknologi Global Tbk. (CHIP).

"Masing-masing sebagai perusahaan tercatat ke-14, 15, 16 dan 17 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2023," papar keterangan BEI.

Berikut profil 4 emiten yang listing hari ini

PT Vastland Indonesia Tbk. (VAST)

Calon emiten yang bergerak di bidang real estate, PT Vastland Indonesia Tbk. menetapkan harga penawaran umum perdana saham atau IPO sebesar Rp108 per saham.

Emiten yang akan menggunakan kode saham VAST ini menawarkan saham sebanyak 650 juta saham dengan nilai nominal Rp50 per saham atau sebanyak-banyaknya 21,27 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan pasca IPO.

VAST akan meraup dana segar dari IPO ini sebanyak Rp70,2 miliar. VAST juga menerbitkan sebanyak 130 juta Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak 5,40 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan.

Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan.

Setiap pemegang 5 Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 1 Waran Seri I dimana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel. Total dana dari Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp43,94 miliar.

PT Haloni Jane Tbk. (HALO)

Calon emiten pendatang baru produsen sarung tangan lateks PT Haloni Jane Tbk. (HALO) mantap menggelar penawaran umum perdana saham atau IPO di Bursa Efek Indonesia.

HALO akan melepas 1,13 miliar saham dalam IPO atau setara 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan nilai nominal Rp10 per saham. HALO mematok harga IPO di batas bahwa yakni Rp100 per saham sehingga dana yang berpotensi dihimpun dalam IPO mencapai Rp113 miliar.

HALO juga menerbitkan 565 juta waran seri I. Setiap pemegang dua saham baru akan berhak memeroleh 1 waran seri I. Harga pelaksanaan waran seri I Rp150 sehingga perseroan berpotensi meraup dana tambahan Rp84,75 miliar. Penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Danatama Makmur Sekuritas dan penjamin emisi efek adalah KB Valbury Sekuritas.

Adapun seluruh dana yang diperoleh perseroan dari hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan dipergunakan 100 persen untuk modal kerja. Adapun modal kerja yang dimaksud adalah pembelian bahan baku seperti lateks atau karet alami, Filler, Sulphur, Antioxidant dan bahan penunjang produksi antara lain Inner Box, Master Box, Paper Pouch, dan batu bara.

PT Solusi Kemasan Digital Tbk. (PACK)

PT Solusi Kemasan Digital Tbk. (PACK) telah menentukan harga terkait penawaran umum perdana saham, yakni Rp162 per saham.

Dilihat dari prospektus, perseroan menargetkan untuk meraih dana segar senilai Rp49,89 miliar dalam IPO ini.

Sekitar 21 persen dana hasil penawaran umum rencananya akan digunakan PACK untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) dalam rangka pengembangan sistem informasi dan teknologi FlexyPack System 2.0 dengan jangka waktu 4 tahun. Rencana ini akan langsung dieksekusi oleh tim software developer internal setelah dana hasil IPO diterima.

Sementara itu, sisa dana hasil IPO sekitar 79 persen akan digunakan sebagai modal kerja dengan rincian sekitar 19 persen untuk pemasaran dan promosi dan 60 persen digunakan untuk keperluan modal kerja seperti bahan baku produksi.

PT Pelita Teknologi Global Tbk. (CHIP)

Emiten perancang IoT dan smart card PT Pelita Teknologi Global Tbk. (CHIP) berencana menawarkan sahamnya ke publik melalui penawaran umum perdana saham atau IPO. CHIP menetapkan harga Rp160 per saham pada penawaran umum perdana saham ini.

Dengan harga penawaran tersebut, CHIP diperkirakan akan mendapatkan dana segar sebanyak-banyaknya Rp32 miliar. Dalam prospektusnya, calon perusahaan tercatat berkode saham CHIP ini akan menawarkan banyak-banyaknya 200 juta saham biasa atau sebanyak-banyaknya 24,81 persen dari jumlah modal disetor penuh.

Rencananya, dana hasil penawaran umum ini akan digunakan oleh CHIP untuk modal kerja, yaitu untuk biaya operasional seperti gaji, biaya angkut, biaya kantor, biaya penjualan, biaya sewa, dan lainnya. Dana IPO juga akan digunakan untuk pembelian barang dagangan dan pelunasan utang usaha kepada pemasok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper