Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Avian (AVIA) Siapkan Pabrik dan Produk Cat Baru, Perluas Segmen Pasar

Avian tengah mengembangkan pabrik baru dan berencana meluncurkan sejumlah produk pada 2023.
Artha Adventy
Artha Adventy - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  15:01 WIB
Avian (AVIA) Siapkan Pabrik dan Produk Cat Baru, Perluas Segmen Pasar
Avian tengah mengembangkan pabrik baru dan berencana meluncurkan sejumlah produk pada 2023. - Istimewa.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten produsen cat PT Avia Avian Tbk. (AVIA) akan meningkatkan volume produksi dengan penambahan pabrik baru yang berlokasi di Cirebon dengan kapasitas produksi 225.000 metrik ton. Izin pembangunan pabrik tersebut akan selesai di bulan ini.

Head of Investor Relation Avia Avian Andreas Timothy Hadikrisno mengatakan kapasitas pabrik baru 225.000 ton akan lebih besar dibandingkan dengan pabrik di Sidoarjo, Surabaya. Adapun, AVIA sudah mengoperasikan 2 pabrik dengan kapasitas total 286.416 juta ton per tahun.

“izinnya [pabrik ketiga] baru saja diproses, dalam bulan ini keluar hopefully akan selesai di 2025 kita akan tambah dengan kapasitas sedikit lebih besar dari pabrik utama kita di Sidoarjo. Utilitas dua pabrik [yang sudah beroperasi] masih 60 persen,” katanya kepada Bisnis, Selasa (24/1/2023).

Andreas menyebut pembangunan pabrik ketiga ini dilandasi oleh prediksi dalam tiga tahun ke depan dua pabrik yang sudah akan berada pada maksimal utilitas yaitu sebesar 80 persen.

“Kita merasa growth bisnis industri cat akan tetap berkembang dobel digit tiap tahunnya, jadi kita mengantisipasi hal itu dengan mempersiapkan pabrik ketiga dengan bujet di luar capex sebesar Rp750 miliar yang berasal dari dana IPO,” jelas Andreas.

Terkait belanja modal atau capex rutin, manajemen menetapkan kebijakan sekitar 2 persen dari total pendapatan. Capex rutin digunakan untuk pembenahan pabrik, pembelian mesin tinting dan armada truk, serta upgrade teknologi informasi.

Sebagai informasi, pabrik AVIA yang berada di Sidoarjo memiliki angka utilitas sebesar 61,9 persen sedangkan Pabrik Serang hanya sebesar 46 persen secara tahunan. AVIA memprediksi volume produksi tersebut akan tumbuh 10 persen per tahun.

“Kita jaga utilitas maksimal 80 persen untuk mengantisipasi kenaikan demand. Biasanya terjadi saat lebaran dan sebulan menjelang kenaikan harga. Kalau saat demand naik, utilitas bisa di angka 90-an persen,” katanya.

Selain menggenjot pembangunan pabrik baru, emiten yang sebagian sahamnya dipegang Grup Tancorp milik Crazy Rich Surabaya Hermanto Tanoko itu, juga mempersiapkan tiga produk baru yang akan diluncurkan di semester I/2023.

Produk baru yang siap beredar di pasar yaitu junior produk yang memiliki segmentasi menengah kebawah dengan rincian Avian Cling/ Junior yang masuk kategori wood and metal, Avitex Junior yaitu jenis wall paint, dan No Drop Junior yang masuk dalam jenis cat water proofing.

“Untuk daya serap kita yang premium itu slow dengan kenaikan harga yang kita lakukan. Dengan kondisi tersebut kita merasa tahun ini kita harus luncurkan produk ekonomis, di Desember 2022 sudah dimulai dengan launching produk di wood and metal yaitu Avian Cling,” imbuh Andreas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Avian AVIA Hermanto Tanoko Tancorp Kinerja Emiten cat
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top