Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teka-teki Direksi Baru BUMN Semen Baturaja (SMBR)

Menteri BUMN Erick Thohir akan memutuskan Komisaris dan Direksi Semen Baturaja (SMBR) dalam RUPSLB.
Menteri BUMN Erick Thohir akan memutuskan Komisaris dan Direksi Semen Baturaja (SMBR) dalam RUPSLB.
Menteri BUMN Erick Thohir akan memutuskan Komisaris dan Direksi Semen Baturaja (SMBR) dalam RUPSLB.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. (SMBR) akan mengubah jajaran pengurus dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa, 24 Januari 2023, besok. Menarik mengetahui siapa saja nama-nama pilihan Menteri BUMN Erick Thohir untuk memimpin SMBR.

Berikut jajaran pengurus Direksi dan Komisaris SMBR

Komisaris

Komisaris Utama : Franky Sibarani

Komisaris : Oke Nurwan

Komisaris : Darusman Mawardi

Komisaris : Chowadja Sanova

Direktur

Direktur Utama : Daconi

Direktur : Suherman Yahya

Direktur : Tubagus Muhammad Dharury

Direktur : Gatot Mardiana

Direktur : Mukhamad Saifudin

Adapun, pemerintah telah melakukan inbreng saham dengan mengalihkan saham Negara Republik Indonesia dari SMBR ke PT Semen Indonesia Tbk. (SMGR).

Berdasarkan keterbukaan informasi, mata acara RUPSLB adalah perubahan anggaran dasar perseroan sesuai dengan ketentuan Pasal 25 Ayat (5) Anggaran Dasar Perseroan. Kemudian agenda kedua adalah perubahan susunan pengurus perseroan berdasarkan ketentuan Pasal 11 Ayat (10) dan Pasal 14 Ayat (12) dan Pasal 25 Ayat (4) Anggaran dasar Perseroan.

Adapun para pemegang saham yang berhak mengikuti RUPSLB adalah pemegang saham yang tercatat dalam daftar pemegang saham pada penutupan perdagangan 30 Desember 2022.

Pemerintah melakukan inbreng saham dengan mengalihkan 7,49 miliar saham Seri B senilai Rp2,84 triliun dari SMBR ke SMGR. Aksi korporasi ini sebagai kelanjutan Program Integrasi BUMN Sub Klaster Semen melalui proses Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Meski demikian, transaksi ini tidak mengubah porsi kepemilikan Pemerintah atas saham pengendali di Semen Indonesia Group (SIG). Pemerintah juga tetap memiliki 1 saham seri A Dwiwarna di SMBR.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo sebelumnya mengatakan integrasi SMBR ke dalam SMGR merupakan pencapaian penting dari rencana transformasi BUMN dalam streamlining dan clustering pada sub klaster sektor semen.

Kartika mengatakan Kementerian BUMN ingin mendorong Sub Klaster Semen sebagai penggerak industri semen yang berkelanjutan. Langkah ini dilakukan melalui optimalisasi distribusi, pemasaran, dan efisiensi produksi yang terkoordinasi secara regional dan nasional.

Berdasarkan kajian SMGR, aksi korporasi ini berpotensi memberi nilai tambah hingga Rp1,66 triliun selama 2022-2026. Nilai tambah tersebut dapat diperoleh melalui optimalisasi pendapatan dan efisiensi biaya sepanjang rantai pasok.

Berdasarkan catatan Bisnis, Semen Baturaja telah merampungkan Pabrik Baturaja II yang mulai berproduksi secara komersial pada 1 September 2017, dengan kapasitas produksi sebesar 1,85 juta ton semen, sehingga total kapasitas produksi Semen Baturaja menjadi sebesar 3,85 juta ton semen per tahun.

Masuknya SMGR sebagai pemegang saham mayoritas SMBR akan membuat laporan keuangan hingga kapasitas produksi kedua emiten tersebut terkonsolidasi. Hal ini nantinya akan meningkatkan konsolidasi pendapatan di masa mendatang.

Adapun konsolidasi ini dilakukan kala permintaan lebih lesu dibandingkan kapasitas produksi perusahaan semen. Per 2020, utilisasi pabrik semen di Indonesia hanya 56 persen akibat turunnya permintaan, sedangkan kapasitas terpasang sudah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper