Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jauhi Batu Bara, Indika (INDY) Mantap Masuk Sektor Kesehatan dan Motor Listrik

Diversifikasi bisnis dari baru bara, INDY membentuk perusahaan patungan di sektor kesehatan dan bekerja sama dengan produsen motor listrik asal Kanada.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 23 Januari 2023  |  15:35 WIB
Jauhi Batu Bara, Indika (INDY) Mantap Masuk Sektor Kesehatan dan Motor Listrik
CEO Grup Indika EnergyAzis Armand. Diversifikasi bisnis dari baru bara, INDY membentuk perusahaan patungan di sektor kesehatan dan bekerja sama dengan produsen motor listrik asal Kanada.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten tambang PT Indika Energy Tbk. (INDY) terus menjalankan program diversifikasi dari sektor batu bara. Terkini, INDY membentuk perusahaan patungan di sektor kesehatan dan bekerja sama dengan produsen motor listrik asal Kanada.

Head of Corporate Communication Indika Energy Ricky Fernando mengatakan perusahaan patungan atau joint venture antara Indika Energy dan Bioneer Corporation, Bioneer Indika Group (BIG) akan fokus mengembangkan ExiStation. ExiStation tersebut merupakan sistem diagnostik molekuler yang sebelumnya telah digunakan di Indonesia selama pandemi Covid-19.

"Melalui JV ini diharapkan produk diagnostik molekuler diagnosa untuk penyakit seperti tuberkulosis dan resistensi antibiotik di seluruh Indonesia dapat dilakukan lebih cepat. Sehingga, akses terhadap kesehatan masyarakat pun akan lebih mudah," kata Ricky kepada Bisnis, dikutip Senin (23/1/2023).

Sebagaimana diketahui, dalam perusahaan patungan ini, INDY dan Bioneer masing-masing memiliki 50 persen saham di BIG.

INDY menyebut penyertaan saham anak usaha PT Indika Medika Nusantara dalam BIG merupakan langkah INDY secara grup untuk melakukan ekspansi dan diversifikasi usaha ke sektor kesehatan Indonesia.

Selain di sektor kesehatan, INDY juga terus melebarkan diversifikasinya pada motor listrik. INDY diketahui baru saja bekerja sama dengan perusahaan motor listrik asal Kanada, Damon Motors.

Dersama dengan INDY, Damon akan mengembangkan platform sepeda motor global khusus untuk kebutuhan komuter di wilayah geografis yang didominasi oleh mobilitas roda dua.

Ricky menjelaskan, INDY melihat Indonesia merupakan pasar potensial untuk kendaraan roda dua listrik. Sementara itu, Damon saat ini sedang mengembangkan platform sepeda motor yang lebih bersih, lebih aman, dan lebih efisien, yang selaras dengan komitmen Indika Energy untuk mendukung pencapaian netral karbon di Indonesia.

"Melalui kolaborasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan industri sepeda motor listrik untuk pasar Indonesia dan ekosistemnya," ucap dia.

Lebih lanjut, Ricky menuturkan sejak tahun 2018, Indika Energy memiliki komitmen perjalanan perusahaan yang berkelanjutan.

"Ke depannya kami terus menagkap peluang usaha yang lebih ramah lingkungan, serta berdampak luas terhadap kesejahteraan masyarakat," tuturnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten indika energy batu bara indy Sepeda Motor Listrik kesehatan
Editor : Hafiyyan

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top