Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Percetakan Digital PACK Bersiap IPO, Incar Dana Rp49,89 Miliar

Perusahaan percetakan digital PT Solusi Kemasan Digital Tbk. (PACK) berencana IPO pada tahun ini. Adapun masa awal penawaran dimulai pada 12-17 Januari 2023.
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan percetakan digital PT Solusi Kemasan Digital Tbk. (PACK) berencana menawarkan sahamnya ke publik melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Dalam IPO ini, Solusi Kemasan Digital mengincar dana segar maksimal Rp49,89 miliar.

Dalam prospektusnya, calon perusahaan tercatat berkode saham PACK ini akan menawarkan banyak-banyaknya 308 juta saham baru atau dengan nilai nominal Rp10 sebanyak-banyaknya 20,03 persen dari jumlah modal disetor penuh. Saham tersebut akan ditawarkan pada kisaran harga Rp110—Rp162.

Dengan jumlah penawaran dan kisaran harga saham tersebut, PACK diperkirakan dapat menghimpun dana publik maksimal Rp49,89 miliar.

Sekitar 21 persen dana hasil penawaran umum rencananya akan digunakan PACK untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) dalam rangka pengembangan sistem informasi dan teknologi FlexyPack System 2.0 dengan jangka waktu 4 tahun. Rencana ini akan langsung dieksekusi oleh tim software developer internal setelah dana hasil IPO diterima.

Sementara itu, sisa dana hasil IPO sekitar 79 persen akan digunakan sebagai modal kerja dengan rincian sekitar 19 persen untuk pemasaran dan promosi dan 60 persen digunakan untuk keperluan modal kerja seperti bahan baku produksi.

“Biaya pemasaran dan promosi akan dibagi untuk offline marketing seperti mensponsori acara yang melibatkan komunitas UMKM, membuka booth pada pameran, dan memperluas jaringan pemasaran melalui rekanan Flexy Partner atau Authorized Dealer di banyak kota,” tulis manajemen dalam prospektus yang dikutip Kamis (12/1/2023).

Sampai penerbitan prospektus, PACK menjalankan usaha di bidang percetakan digital kemasan plastik untuk pengemasan makanan ringan, makanan basah, kopi/teh, bubuk, bumbu, makanan frozen, cairan, kosmetik, pakaian, masker, dan produk lainnya.

Bersamaan dengan penawaran umum saham, PACK juga akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 61,6 juta Waran Seri I, yang akan diberikan secara cuma-cuma kepada para pemegang saham baru dengan perbandingan 5 saham baru mendapatkan 1 Waran Seri I.

Berikut jadwal sementara IPO dan Waran Seri I PACK :

  • Masa penawaran awal (bookbuilding) : 12–17 Januari 2023
  • Perkiraan tanggal efektif : 27 Januari 2023
  • Perkiraan masa penawaran umum perdana saham : 31 Januari—2 Februari 2023
  • Perkiraan tanggal penjatahan : 2 Februari 2023
  • Perkiraan tanggal distribusi saham secara elektronik : 3 Februari 2023
  • Tanggal pencatatan pada BEI : 6 Februari 2023
  • Perkiraan masa perdagangan Waran Seri I di pasar reguler dan negosiasi : 6–3 Februari 2023
  • Perkiraan masa perdagangan Waran Seri I di pasar tunai : 6–5 Februari 2025
  • Periode pelaksanaan Waran Seri I : 7 Agustus 2023–6 Februari 2023
  • Akhir masa berlaku Waran Seri I : 6 Februari 2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper