Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Sawit Sumbermas (SSMS) Setor Dana Riset Rp124,17 Miliar ke CBI

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk serta entitas-entitas anaknya menyetorkan dana riset ke PT Citra Borneo Indah (PT CBI).
PT Citra Borneo Indah memberikan dana kepada PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk serta entitas-entitas anaknya.
PT Citra Borneo Indah memberikan dana kepada PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk serta entitas-entitas anaknya.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sawit Sumbermas SaranaTbk (SSMS) dan entitas anaknya akan membayarkan dana sebesar Rp124,17 miliar kepada PT Citra Borneo Indah (PT CBI) sebagai induk sebagai upaya pengembangan kegiatan usaha di sektor kelapa sawit.

Berdasarkan keterbukaan informasi pada laman resmi BEI, Kamis (22/12/2022) latar belakang transaksi afiliasi ini adalah adanya aktivitas pemberian jasa riset dan pengembangan oleh PT CBI kepada emiten dan anak usaha emiten dengan ruang lingkup sesuai pada perjanjian.

Aktivitas tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar bagi SSMS dan anak – anak usahanya dalam bidang kelapa sawit. Jasa riset yang digunakan oleh PT CBI adalah Laboratorium Sulung Research Station (SRS).Total transaksi afiliasi ini adalah sebesar Rp124,17 miliar, yang merupakan nilai estimasi dan tidak akan melebihi 20 persen dari ekuitas perseroan.

“Setelah melakukan pemeriksaan wajar dan relevan, transaksi afiliasi ini tidak mengandung benturan kepentingan,” jelas manajemen SSMS dalam keterbukaan informasi.

Adapun, secara rinci transaksi ini dilakukan antara PT CBI dengan sejumlah entitas anaknya. Pertama, SSMS membayarkan dana sebesar Rp36,09 miliar kepada PT CBI yang merupakan nilai pekerjaan untuk penggunaan jasa analisis di Laboratorium SRS. Total nilai pekerjaan tersebut akan ditagihkan oleh PT CBI kepada SSMS secara plat per bulannya sebesar Rp3 miliar.

Kedua, PT Sawit Multi Utama akan menyetorkan dana Rp26,05 miliar ke Citra Borneo Indah untuk penggunaan jasa serupa di Laboratorium SRS. Total nilai pekerjaan tersebut akan ditagihkan oleh PT CBI kepada Sawit Multi Utama secara plat per bulannya sebesar Rp2,17 miliar.

Ketiga, PT Tanjung Sawit Abadi akan membayarkan Rp18,64 miliar ke Citra Borneo Indah. Total nilai pekerjaan tersebut akan ditagihkan oleh PT CBI kepada Tanjung Sawit Abadi secara plat per bulannya sebesar Rp1,55 miliar.

Keempat, PT Mirza Pratama Putra akan membayar Rp6,67 miliar kepada Citra Borneo Indah. Total nilai pekerjaan tersebut akan ditagihkan oleh PT CBI kepada Mirza Pratama Putra secara plat per bulannya sebesar Rp538,95 juta.

Selanjutnya, PT Kalimantan Sawit Abadi, PT Mitra Mendawai Sejati, dan PT Menteng Kencana Mas masing - masing akan membayarkan Rp10,26 miliar, Rp15,09 miliar, dan 11,55 miliar ke Citra Borneo Indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper