Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelola Mal Kokas dan Gancit, Pakuwon (PWON) Pede Okupansi 100 Persen Sambut Nataru

Pakuwon Jati (PWON) berharap rasio okupansi dapat mencapai 100 persen jelang libur Natal dan tahun Baru.
Mal Kota Kasablanka, salah satu pusat perbelanjaan yang dimiliki PT Pakuwon Jati Tbk./pakuwonjati.com
Mal Kota Kasablanka, salah satu pusat perbelanjaan yang dimiliki PT Pakuwon Jati Tbk./pakuwonjati.com

Bisnis.com, JAKARTA - Rasio okupansi atau occupancy ratio dari PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) untuk segmen mall sudah mencapai 90 persen per November 2022 dibanding masa sebelum pandemi Covid-19. PWON berharap rasio okupansi dapat mencapai 100 persen jelang libur Natal dan tahun Baru.

Direktur PWON Ivy Wong mengatakan peforma luar biasa dari segmen mall perseroan adalah mal Kota Kasablanka, dan Mal Surabaya. Kedua mal tersebut sudah hampir pulih sepenuhnya.

"Mall occupancy di portfolio kami sampai November 2022, sudah mencapai 90 persen banding period yang sama di 2019 (pre Covid-19)," ujar Ivy kepada Bisnis, Rabu (14/12/2022).

Menilik laporan tahunan 2021 PWON, rasio okupansi mall berkisar 90 persen sampai 99 persen pada tahun 2021. Secara rinci, Kota Kasablanka 99 persen, Pakuwon Mall 89 persen, Pakuwon City Mall 74 persen, dan Hartono Mall Yogyakarta 65 Persen.

Adapun untuk Pakuwon City Mall, dan Hartono Mall Yogyakarta kala itu masih dalam proses renovasi dan baru beroperasi sehingga rasio okupansi di bawah 90 persen.

Dengan demikian, rasio okupansi segmen mal dari PWON sejatinya sudah mulai menunjukkan kinerja positif sejak tahun 2021.

Lebih lanjut, Ivy menjelaskan segmen mal berkontribusi hingga 40 persen terhadap total pendapatan pada kuartal III/2022. Angka ini naik dari sekitar 30 persen kontribusi segmen mall terhadap total pendapatan dari periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan laporan keuangan per 30 September 2022, PWON mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp4,49 triliun atau meningkat 18,66 persen dari periode yang sama atau year-on-year (yoy). Pada tahun 2021, PWON membukukan pendapatan sebesar Rp3,78 triliun.

Berkaca dari laporan keuangan tersebut, maka PWON diperkirakan mencatatkan pendapatan dari segmen mal sekitar Rp1,79 triliun pada kuartal III/2022.

Adapun, PWON mencatatkan laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1,19 triliun pada kuartal III/2022. Angka ini meningkat 65 persen dari Rp721,97 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper