Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pupuk Indonesia Fokus Optimalisasi Teknologi, Ini Sebabnya

Pupuk Indonesia tengah fokus dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi di bidang industry 4.0.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 07 Desember 2022  |  11:20 WIB
Pupuk Indonesia Fokus Optimalisasi Teknologi, Ini Sebabnya
Gudang Pupuk. - Pupuk Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pupuk Indonesia tengah fokus dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi di bidang industry 4.0.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia (Persero) Panji Winanteya Ruky mengatakan bahwa Pupuk Indonesia Grup konsisten mendukung proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan serta mengembangkan daya saing industri melalui pengembangan riset dan teknologi bernilai tinggi.

Holding BUMN itu mengembangkan digitalisasi penyaluran pupuk subsidi yang memungkinkan pengawasan dilakukan secara real time.

Sebelumnya, Panji Winateya Ruky mengatakan jika inovasi pengawasan ini dilakukan seiring dengan instruksi Menteri BUMN, Erick Thohir untuk bertransformasi dan menerapkan digitalisasi.

“Pemerintah melalui kelompok kerja pupuk bersubsidi sedang memperbaiki tata kelola serta mengintegrasikan sistem perencanaan dan penyaluran pupuk bersubsidi. Pupuk Indonesia memainkan perannya dengan menerapkan digitalisasi rantai pasok dari gudang produsen hingga ke petani,” jelas Panji melalui keterangan tertulis, Kamis (6/10).

Pengawasan secara real time dilakukan dengan menerapkan Distribution Planning & Control System (DPCS). Selain pengawasan, DPCS juga akan menyajikan dat amengenai penjualan, alokasi pupuk subsidi daerah, kapastas gudang, informasi distributor kios, hingga kontak staf distribusi dan pemasaran.

“Dengan DPCS, kami dapat melacak keberadaan pupuk mulai dari produsen, saat berada di kapal laut atau pelabuhan, perjalanan darat, bahkan mampu mengetahui jumlah stok di gudang-gudang di seluruh daerah secara real time,” lanjutnya.

Pemanfaatan teknologi membuat Pupuk Indonesia menjadi holding BUMN pertama yang meraih penghargaan INDI 4.0 Award, National Lighthouse Industry 4.0, dan Rintisan Teknologi Industri (Rintek) Tahun 2022 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Apresiasi ini diberikan pemerintah lantaran Pupuk Indonesia beserta anak perusahaannya berdedikasi tinggi dalam penciptaan dan optimalisasi teknologi industri baik secara umum maupun teknologi di bidang industri 4.0.

“Apresiasi ini diberikan oleh Kementerian Perindustrian dan menjadi Pupuk Indonesia menjadi holding BUMN yang konsisten mengimplementasikan Industri 4.0 di Indonesia,” demikian ungkapnya.

Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) mendapat penghargaan INDI 4.0 dengan kategori Supply Chain Management. Penghargaan ini pun diraih oleh beberapa anak perusahaan seperti PT Pupuk Kujang Cikampek yang meraih penghargaan INDI 4.0 Tahun 2022 industri kimia, farmasi & tekstil dengan kategori Aggressive Digitalization.

Sekjen Kementerian Perindustrian Dody Widodo menyatakan pemerintah saat ini sedang memacu industri agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri melalui kebijakan dan program yang berpihak kepentingan dalam negeri akan dioptimalkan.

“Dibutuhkan dukungan semua stakeholder termasuk pelaku usaha dan akademisi, dengan demikian pemulihan ekonomi nasional akan berjalan lebih cepat, marilah kita bersatu padu untuk Indonesia Maju,” tutup Dody.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk pupuk bersubsidi teknologi
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top