Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rincian Kompensasi Buat 1.300 Karyawan GOTO yang Kena PHK Massal

Gojek Tokopedia (GOTO) melakukan PHK pada 1.300 karyawannya dan memastikan akan memberikan kompensasi termasuk tambahan satu bulan gaji.
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3/2022).
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam acara paparan publik IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Selasa (15/3/2022).

Bisnis.com, JAKARTA – Hari ini, perusahaan teknologi digital PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mengumumkan akan merumahkan 1.300 karyawannya, atau setara dengan 12 persen total karyawan.

Dengan pengumuman tersebut, CEO GOTO Andre Soelistyo memastikan bahwa karyawan yang terdampak akan menerima pemberitahuan dan diberikan dukungan yang komprehensif selama masa transisi.

“Karyawan terdampak akan memperoleh paket kompensasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan di tiap negara di mana GoTo beroperasi,” ungkap Andre dalam keterangan tertulis, Jumat (18/11/2022).

Jika demikian, berdasarkan Peraturan Pemerntah Nomor 35 Tahun 2021 Tentang Perjanjian Kerja, PHK, dan Pesangon, GOTO harus membayar kompensasi PHK meliputi meliputi uang pesangon, uang penghargaan masa kerja atau uang pisah, dan uang penggantian hak.

Adapun besarannya didasarkan pada masa kerja karyawan. Pekerja di bawah 1 tahun akan mendapat 1 bulan upah, 1-2 tahun 2 bulan upah, 2-3 tahun 3 bulan upah, 3-4 tahun 4 bulan upah, 4-5 tahun 5 bulan upah, 5-6 tahun 6 bulan upah, 6-7 tahun 7 bulan upah, 7-8 tahun 8 bulan upah, dan di atas 8 tahun 9 bulan upah.

Dalam PP 35 Tahun 2021 sendiri, ketentuan pengali upah pesangon berubah menjadi 0,5 sampai 2 kali. Artinya, perusahaan dapat memberikan pesangon karyawan PHK tidak utuh.

Lantaran GOTO melakukan perampingan karyawan untuk mendukung pertumbuhan dan melakuakn efisiensi beban biaya, artinya GOTO harus membelikan kompensasi pesangon 0,5 kali apabila rugi, atau 1 kali untuk mencegah rugi.

“GoTo juga memberikan sejumlah dukungan finansial, antara lain berupa tambahan satu bulan gaji, serta kompensasi pengganti periode pemberitahuan [notice in-lieu],” ungkap Manajemen GOTO.

Tidak hanya itu, GoTo juga akan memberikan dukungan pencarian kerja serta layanan konseling. Karyawan terdampak berhak memiliki laptop yang saat ini mereka gunakan, mengakses berbagai program pelatihan, serta dapat bergabung ke direktori alumni GoTo, di mana Perusahaan dapat memberikan rekomendasi kepada berbagai perusahaan dalam jaringan rekanan bisnis Grup GoTo. S

“Selanjutnya, fasilitas konseling karir, keuangan, dan psikologi akan tersedia sampai akhir bulan Mei 2023,” imbuh manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper