Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasti Cuan! Ini 4 Tips Cerdas Investasi Saham

Sebagian investor di pasar modal sering kali panik saat harga saham sedang turun. Ada juga yang langsung menjual, meskipun rugi. Simak tips investasi agar cuan.
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, MEDAN – Setiap orang menginginkan keuntungan yang besar dalam investasi. Investasi saham di pasar modal memiliki risiko yang tinggi, tetapi juga keuntungan yang tinggi juga.

Dilansir dari nerdwallet.com, Rabu (2/11/2022), masih ada investor yang bingung dalam memulai investasi di pasar modal. Ada yang mengalami kerugian dan juga sampai cutloss. Maka, investor memerlukan beberapa strategi dan tips investasi agar cuan saat membeli saham.

Berikut 4 tips investasi saham agar tetap cuan:

1. Waktu adalah kunci

Kunci untuk mendapatkan cuan dalam saham adalah dengan tetap berinvestasi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk berinvestasi dalam pasar saham, maka semakin besar persentase keuntungan yang akan didapatkan.

Keuntungan pertahun rata-rata yang didapatkan dalam pasar saham adalah 10 persen. Namun, kebanyakan orang gagal dalam memperoleh keuntungan 10 persen ini hanya karena tidak melakukan investasi dengan cukup lama. 

Semakin banyak investasi yang dilakukan dalam pasar saham, maka semakin besar peluang keuntungan investasi yang didapatkan. 

Keuntungan akan perlahan meningkat jika sahamnya dikelola dengan baik. Saham dengan keuntungan yang meningkat akan direspon dengan peningkatan pendapatan yang lebih besar melalui harga saham yang meningkat. Harga saham yang meningkat mengindikasikan persentase keuntungan yang akan didapatkan pemegang saham melalui pengembalian maupun penjualan.

2. Jangan panik

Pasar saham adalah satu-satunya pasar dimana pembelinya takut untuk membeli barang yang dijual. Terdengar cukup aneh, tetapi ini yang sering terjadi ketika persentase pasar sedang turun. Sentimen negatif sangat mempengaruhi kinerja saham, meskipun kinerja keuangan emiten dalam kondisi baik-baik saja.

Investor sering panik dan buru-buru untuk menjual saham yang kita miliki. Ketika persentase pasar sedang naik, respon yang muncul biasanya adalah buru-buru membeli saham. Kita lebih suka menghindari kerugian jangka pendek dengan biaya berapa pun daripada mendapatkan keuntungan jangka panjang. Sehingga perlu untuk tetap menentukan tujuan investasi jangka panjang agar tidak terpengaruh oleh perubahan pasar yang dinamis.

3. Beli ketika harga sedang murah

Kita tidak pernah tahu dengan perubahan dinamis pada harga pasar yang dapat terjadi dalam waktu dekat. Naik dan turunnya harga saham dapat dengan mudah terjadi. Sehingga tipsnya adalah dengan membeli saham ketika harganya sedang murah dan tetap mempertahankannya dari waktu ke waktu sesuai target investasi masing-masing.

4. Tetap sabar

Investasi saham membutuhkan waktu yang panjang. Semakin lama semakin baik. Investor yang baik akan membiarkan sahamnya selama bertahun-tahun dan membiarkannya meraup keuntungan perlahan-lahan.

Investasi saham bukanlah sebuah ajang perlombaan dimana yang cepat yang akan mendapatkan keuntungannya. Kesabaran adalah kuncinya. Semua keuntungan dalam saham datang ketika kita menunggu, bukan dalam proses jual belinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper