Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ST009 Segera Meluncur, Simak Potensi Kupon yang Ditawarkan

Minat investor terhadap Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 yang akan dipasarkan pekan depan diprediksi tetap optimal seiring dengan potensi kenaikan kupon.
Sukuk ritel/Instagram @djpprkemenkeu
Sukuk ritel/Instagram @djpprkemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA - Minat investor terhadap Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 yang akan dipasarkan pekan depan diprediksi tetap optimal seiring dengan potensi kenaikan kupon bunga yang ditawarkan.

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Ramdhan Ario Maruto mengatakan respon masyarakat terhadap ST009 akan positif.  Menurutnya, prospek positif ini seiring dengan animo investor ritel yang tinggi terhadap produk Surat Berharga Negara (SBN) ritel. 

“Sepanjang tahun ini respon investor ritel terhadap instrumen ini masih sangat baik, apalagi produk seperti ini juga akan menjadi investasi yang bagus untuk masyarakat,” katanya saat dihubungi pada Selasa (1/11/2022).

Ramdhan melanjutkan, prospek ST009 juga ditopang oleh sejumlah fitur menarik pada instrumen ini. Ia menjelaskan meski bersifat non tradeable atau tidak dapat diperdagangkan, instrumen sukuk tabungan memiliki fasilitas early redemption.

Fitur tersebut, lanjutnya, memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok instrumen ini oleh pemerintah sebelum jatuh tempo.

“Tenor sukuk tabungan juga umumnya akan lebih pendek dibandingkan SBN ritel lainnya, yaitu 2 tahun,” lanjut Ramdhan.

Adapun, Ramdhan memprediksi tingkat kupon ST009 berpotensi lebih tinggi dibandingkan seri SBN ritel yang telah dipasarkan tahun ini. Hal tersebut mengingat tren kenaikan suku bunga global dan di Indonesia

Ramdhan menuturkan, pemerintah akan mencermati langkah The Fed pada FOMC meeting dalam waktu dekat yang kemungkinan akan membahas kenaikan suku bunga. Selain itu,  pemerintah juga akan mencermati respons Bank Indonesia sebelum menetapkan besaran kupon yang tepat.

“Di sisi lain, kondisi pelemahan pasar obligasi Indonesia sudah cenderung melandai. Menurut saya, kenaikan kuponnya tidak akan terlalu tinggi dibanding seri SBN ritel sebelumnya,” katanya.

Seiring dengan sentimen – sentimen tersebut, Ramdhan memproyeksikan kupon ST009 akan ditawarkan pada rentang 5,95 persen hingga 6,05 persen. Sementara itu, jumlah penjualan sukuk tabungan diprediksi mampu menyentuh kisaran Rp10 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper