Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa Itu Marubozu Candle dalam Trading? Begini Penjelasannya

Marubozu candle adalah salah satu jenis grafik penurunan maupun kenaikan suatu instrumen perdagangan.
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHS) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHS) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam membaca grafik baik pasar saham maupun kripto, investor sangat sering mendengar istilah candle marubozu. Berikut ini ulasan apa itu marubozu candle dan cara memanfaatkannya.

Candle marubozu adalah salah satu pola grafik yang mengindikasikan adanya tren tertentu di pasar aset. Investor bisa memanfaatkan pola ini sebagai salah satu pertimbangan untuk mengambil strategi investasi yang tepat.

Apa itu Marubozu Candle?

Dikutip dari Pintu Academy, Rabu (26/10/2022), Marubozu candle adalah salah satu pola grafik yang cukup mudah untuk diidentifikasi. Sebab, pola ini memiliki karakteristik tubuh panjang penuh dan hampir tidak memiliki bayangan. Oleh karena itu, pola ini biasanya akan terlihat menonjol pada grafik.

Kata ‘marubozu’ pada Marubozu candle artinya adalah “kepala botak” atau “kepala gundul” dalam bahasa Jepang.

Nama ini merujuk pada tidak adanya sumbu atau bayangan pada candle/lilin. Ketiadaan bayangan ini berarti bahwa harga pembukaan atau penutupan akan sama dengan harga maksimum pada candle.

Contoh Marubozu Candle

Untuk bisa lebih memahami pola ini, berikut contoh Marubozu candle.

Contoh Marubozu Bullish

Pola Marubozu di sisi kiri adalah Marubozu bullish. Pola ini muncul ketika harga penutupan lebih tinggi dibandingkan harga pembukaan aset pada time-frame tertentu.

Contoh Marubozu Bearish

Sementara itu, pada sisi kanan, terdapat pola Marubozu bearish. Berkebalikan dengan pola Marubozu bearish, pola ini akan muncul ketika harga penutupan lebih rendah dibandingkan harga pembukaan aset pada time-frame tertentu.

Cara Mengidentifikasi Marubozu Candle

Untuk mengidentifikasi pola Candlestick Marubozu sendiri sebenarnya tidaklah sulit karena candle ini memiliki ciri yang sangat mencolok.

Berikut beberapa ciri dan karakteristik Marubozu Candle.

● Marubozu Candle yang sempurna hanya memiliki tubuh dengan ukuran yang panjang.

● Tidak akan ada bayangan di kedua sisi batang atau disebut juga tidak memiliki sumbu atau ekor.

● Terdapat dua jenis Marubozu, yaitu bullish (warna hijau atau putih) dan bearish (warna merah atau hitam)

Dalam kondisi pasar yang sebenarnya, Marubozu yang sempurna cukup jarang terjadi. Biasanya, kemunculan pola Marubozu akan tetap menunjukkan perbedaan atau selisih angka antara harga buka dengan harga tertinggi maupun harga tutup dengan harga terendah, sehingga akan tetap ada bayangan/sumbu pada candlestick tersebut.

Oleh karena itu, biasanya sumbu atau selisih antara harga buka atau tutup dengan harga tinggi atau rendah sebesar 0,01 persen dari ukuran candle cenderung diabaikan saat mengidentifikasi Marubozu.

Bagaimana Cara Menggunakan Marubozu Candle dalam Trading?

Candlestick Marubozu dapat ditemukan di semua grafik aset dan semua kerangka waktu, serta bisa digunakan sebagai analisis teknis untuk menunjukkan bagaimana aset diperdagangkan pada hari itu.

Ketika menggunakan grafik ini, biasanya trader akan menunggu pola konfirmasi atau candle lain sebelum masuk ke pasar.

Candlestick Marubozu Bullish

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada grafik ini, karakteristik utama dari Marubozu bullish adalah sebagai berikut.

● Harga open = low

● Harga close = high.

Apa Itu Marubozu Candle dalam Trading? Begini Penjelasannya

Pola ini menunjukkan bahwa terdapat banyak minat beli pada aset bersangkutan atau pelaku pasar bersedia membeli aset dengan harga berapapun selama sesi perdagangan tersebut.

Jika pola ini muncul ketika tren naik, maka menandakan kelanjutan tren. Namun, ketika muncul dalam tren turun, maka menunjukkan pembalikan tren. Pembalikan ini mengindikasikan adanya peluang untuk membeli aset setelah terjadinya Marubozu bullish.

Candlestick Marubozu Bearish

Sementara itu, karakteristik utama pada Marubozu bearish adalah sebagai berikut.

● Harga open = high

● Harga close = low.

Apa Itu Marubozu Candle dalam Trading? Begini Penjelasannya

Pola ini menunjukkan penjual memegang kendali penuh atas pasar. Oleh karena itu, harga aset ditutup mendekati titik terendah untuk sesi perdagangan tersebut.

Jika pola ini muncul dalam tren turun, maka menunjukan adanya kelanjutan tren. Namun jika muncul dalam tren naik, maka menandakan terjadinya pembalikan tren. Oleh karena itu, biasanya pola Marubozu bearish dimanfaatkan oleh para trader untuk menjual aset.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper