Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham GOTO Bangkit ke Rp200, Kapan Waktu Terbaik Masuk?

Saham GOTO hingga 11.30 WIB parkir pada posisi Rp200, naik hingga 3,63 persen dari penutupan kemarin di level 193.
Foto: Dok. GoTo
Foto: Dok. GoTo

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) bangkit setelah mencapai level terendah Rp190. Momentum rebound ini mengulang penguatan pada Mei 2022 lalu.

Berdasarkan data RTI, saham GOTO hingga 11.30 WIB parkir pada posisi Rp200, naik hingga 3,63 persen dari penutupan kemarin di level 193.

Saham GOTO diperdagangkan dengan frekuensi cukup sering dan nilai perdagangan mencapai Rp255,76 miliar. Saham emiten teknologi ini bangkit setelah mencapai level terendah pada Senin (24/10/2022) ke level 190. Hal ini mengulang penguatan pada penutupan 13 Mei 2022 yang sempat mencapai Rp194.

Head of Research NH Korindo Sekuritas Liza Camelia Suryanata menerangkan pelemahan saham GOTO beberapa bulan terakhir sebagai akibat dari sentimen suku bunga acuan Bank Indonesia yang terus menguat, bukan karena lock-up saham yang bakal dibuka November 2022.

"Sebenarnya kalau market baru khawatir soal lock-up GOTO dan dihajar habis-habisan belum tentu demikian. Keputusan jual saham tergantung timeframe masing-masing investor, yang membuat tren turun GOTO karena tren naik suku bunga yang tidak baik dan berdampak ke saham teknologi," jelasnya dalam diskusi virtual dikutip Rabu (26/10/2022).

Menurutnya, suku bunga acuan yang telah meningkat 125 basis poin menjadi 4,75 persen memengaruhi fundamental saham teknologi yang berdampak lebih banyak terhadap penurunan harga.

Emiten teknologi yang masih merugi lanjutnya, sangat membutuhkan pendanaan dari perbankan sehingga seiring kenaikan suku bunga biaya pendanaannya semakin tinggi dan berdampak terhadap biaya keseluruhan perusahaan. 

"[Kemarin] GOTO bisa rebound pada level 181-186 itu area support saham GOTO di Mei lalu, sampai ke area tersebut, di indikator sudah oversold wajar ada sedikit pembalikan support itu," terangnya.

Namun, dia menekankan jalan mengubah tren pelemahan ini masih panjang dan penuh tantangan. Bergantung pada perkembangan setelah lock-up periode dibuka, saham free float GOTO bisa meningkat tajam.

"Jangka pendek 193 menguat, menarik untuk trading, bisa ambil 181-186. Bagi yang belum ambil GOTO perlu angka pertama angka bulat 200 resistance psikologis, kalau sudah melewati itu, potensi ke 220, 240, 265," paparnya.

Menurutnya, trader yang masuk GOTO mesti memastikan dahulu GOTO bisa parkir pada level di atas 200 pada penutupan perdagangan, sehingga mampu menguji level resistance berikutnya.

Selain itu, IPO pesaing, Blibli (BELI) diharapkan dapat meramaikan sektor teknologi dan menjadi penyemangat penguatan GOTO.

"Harus sadar kurang bagus sentimennya karena tren naik suku bunga, sampai akhir tahun tren turun masih terjadi potensi naik 240 hingga 260, best strategy average up bertahap," urainya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper