Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sam Bankman-Fried Siap Tebar Dana Rp15 Triliun, Penyelamat Pasar Kripto

Miliarder kripto berusia 30 tahun Sam Bankman-Fried tengah menyiapkan dana US$1 miliar sebagai upaya penyelamatan industri kripto.
Sam Bankman-Fried/Cryptonesia.id.
Sam Bankman-Fried/Cryptonesia.id.

Bisnis.com, JAKARTA – CEO FTX Sam Bankman-Fried menyiapkan dana US$1 miliar atau Rp15 triliun yang akan digunakan untuk akuisisi dan dana talangan. Miliarder kripto ini memang telah menjadi penyelamat perusahaan-perusahaan kripto bangkrut di tengah gejolak harga seperti saat ini.

Dikutip dari Bloomberg, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, Sam Bankman-Fried telah terlibat menyelamatkan para pemain di industri kripto yang tertekan pada beberapa bulan terakhir. Terbaru, melalui perusahaanya FTX, Bankman-Fried mempertimbangkan untuk menawar aset perusahaan pemberi pinjaman kripto yang telah bangkrut Celsius Network.

“FTX juga sedang dalam proses mengumpulkan dana US$1 miliar,” kata sumber tersebut dikutip dari Bloomberg pada Rabu (28/9/2022). Namun, putaran pengumpulan dana itu belum ditutup atau dipublikasikan.

Upaya pengumpulan dana untuk penyelamatan industri kripto ini dilakukan Bankman-Fried meskipun harga kripto sedang dalam gejolak. Berdasarkan data dari CoinMarketCap, harga bitcoin masih di bawah US$20.000, bahkan harganya anjlok 7 persen dalam 24 jam terakhir di perdagangan hari ini (28/9/2022).

Bankman-Fried memang sudah tidak asing lagi dengan jalur akuisisi dan dana talangan untuk meringankan kesengsaraan beberapa perusahaan kripto bermasalah tahun ini. Pria berusia 30 tahun itu bahkan dibandingkan dengan investor popular, J.P. Morgan selama krisis 1907.

Penyelamatan Bankman-Fried dimulai pada akhir tahun lalu, ketika FTX memberikan kredit senilai US$120 juta kepada bursa kripto asal Jepang Liquid. FTX mengakuisisi bursa pada April tahun ini, namun tidak mengungkapkan nilainya.

Kemudian, ketika pasar kripto menghadapi krisis likuiditas yang semakin dalam setelah jatuhnya token Terra dan Luna pada Mei, Bankman-Fried juga membagikan kredit kepada perusahaan mana pun yang tampaknya berada di ambang kehancuran. Total sekitar US$750 juta sudah tersalurkan, baik melalui FTX dan dana miliknya.

Pada akhir Juni, BlockFi memberhentikan 20 persen karyawannya dan berusaha meningkatkan modal dengan penilaian yang menurun. FTX juga menyediakan fasilitas kredit bergulir US$250 juta.

Pada Juli, ketika pasar kripto anjlok parah, batas kredit diperpanjang Bankman-Fried hingga US$400 juta bersama dengan opsi yang akan diakuisisi oleh FTX hingga US$240 juta.

Bankman-Fried sempat mengatakan bahwa keputusan untuk memberikan bailout dan akuisisi bukanlah hal yang mudah.

“Kami hanya memiliki beberapa hari untuk membuat beberapa keputusan ini. Faktor kuncinya adalah mendukung pelanggan dan memastikan mereka terlindungi, serta menghentikan penularan agar tidak menyebar melalui ekosistem,” ujarnya dikutip dari Decrypt pekan lalu (19/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Farid Firdaus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper