Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adhi Karya (ADHI) Targetkan Dana PMN dan Rights Issue Cair Oktober 2022

PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) berpotensi meraih dana Rp3,9 triliun dari rights issue dan PMN.
Pekerja beraktivitas di proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya./JIBI-Nurul Hidayat
Pekerja beraktivitas di proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN karya, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) menargetkan proses pencairan penyertaan modal negara (PMN) dan rights issue dapat rampung pada Oktober 2022.

Sebagaimana telah ditargetkan sejak awal tahun, emiten bersandi ADHI ini bakal menerima PMN Rp1,97 triliun. Sedangkan, guna menyokong porsi pemerintah, ADHI berencana rights issue Rp1,89 triliun.

"PMN diharapkan prosesnya pekan ketiga sudah terima PP, pekan ketiga juga di bulan ini registrasi tiga di OJK untuk rights issue, sehingga bisa berproses dan dana bisa diterima di pertengahan bulan Oktober kurang lebih," jelasnya dalam paparan publik, Senin (12/9/2022).

Dia melanjutkan pencairan PMN saat ini masih menunggu Peraturan Presiden, karena saat ini sudah masuk ke Sekretariat Negara untuk ditandatangani Presiden

Kemudian, dari rights issue atau penerbitan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) sudah juga mendaftar ke OJK registrasi 1 diharapkan pekan ini atau selambat-lambatnya pekan depan sudah registrasi 2.

Adapun, jumlah dari PMN karena sudah masuk UU APBN 2022, nilainya Rp1,976 triliun, dari dana itu digunakan untuk penyertaan jalan tol Solo-Yogyakarta senilai Rp1,4 triliun, lalu jalan tol Yogyakarta-Bawen sebesar Rp390 miliar, serta proyek SPAM Karian Rp185 miliar.

Seluruh penyertaan tersebut untuk perusahaan anak usaha ADHI baik itu BUJT maupun BUP guna memenuhi kebutuhan ekuitas.

"Kemudian dari porsi rights issue sebesar Rp1,89 triliun, ini digunakan Rp350 miliar tambahan setoran di tol Solo-Yogyakarta, Rp145 miliar Yogyakarta-Bawen, di SPAM Karian Rp69 miliar tambahan setoran," tambahnya,.

Selain itu, dana rights issue sebesar Rp495 miliar digunakan pengembangan PLT Kawasan Limbah di Medan, Penyertaan di jalan tol JORR Elevated Rp662 miliar, penyertaan preservasi jalan lintas timur Sumatera Selatan Rp177 miliar.

Dia mengharapkan total dana dari PMN dan aksi korporasi rights issue ini sebesar Rp3,918 triliun.

"ADHI akan menerima dana PMN, mengimbangi pemegang saham dari negara yang memasukkan tambahan modal. Kami juga berikan kesempatan kepada para pemegang saham untuk memanfaatkan kesempatan ini dan mudah-mudahan kesempatan rights issue ini akan memberikan keuntungan yang baik, bagi semua pemegang saham," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper