Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waduh! Crypto.com yang Didukung Matt Damon Salah Kirim Rp107 Miliar ke Pelanggan

Crypto.com, perusahaan aset kripto yang didukung Matt Damon, salah kirim dana US$7,2 juta atau Rp107 miliar ke pelanggan.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan mata uang kripto yang didukung oleh aktor Matt Damon, Crypto.com telah keliru mengirim dana senilai US$7,2 juta atau Rp107 miliar kepada pelanggan asal Australia, bernama Thevamanogari Manivel secara cuma-cuma.

Crypto.com tidak menyadari kesalahan tersebut bahkan hingga tujuh bulan kemudian. Transfer awal terjadi pada Mei 2021 setelah seorang karyawan di perusahaan aset kripto secara tidak sengaja mengetikkan nomor rekening di kolom jumlah pembayaran. 

Apesnya, Crypto.com baru menyadari kesalahannya saat melakukan audit pada Desember 2021. Selama audit rutin tujuh bulan itu, perusahaan menemukan kesalahan dan pergi ke pengadilan dalam upaya untuk mengambil uang kembali.

“Luar biasa, penggugat [Crypto.com] diduga tidak menyadari kesalahan signifikan ini sampai sekitar tujuh bulan kemudian, pada akhir Desember 2021,” kata hakim Mahkamah Agung Victoria James Elliott dalam putusan pengadilan, dikutip dari New York Post, pada Kamis (1/9/2022).

Sedangkan, setelah menerima dana dari perusahaan kripto itu, Manivel dilaporkan mentransfer uang tunai ke rekening bersama dan menghabiskan US$890.526 atau Rp13 miliar untuk membeli rumah mewah dengan lima kamar tidur bagi saudara perempuannya.

Meski begitu, Crypto.com tetap berupaya mendapatkan uang dari kesalahannya itu. Crypto.com telah berhasil membekukan akun Manivel pada Februari 2022. 

Pengadilan juga telah memerintahkan rumah yang dibeli oleh saudara perempuan Manivel dijual agar uangnya dikembalikan ke perusahaan. Kasus ini diperkirakan akan kembali ke pengadilan pada Oktober 2022. 

Crypto.com sendiri merupakan perusahaan kripto yang berdiri sejak 2016. Perusahaan telah menggaet lebih dari 10 juta pelanggan pada 2021.

Tahun lalu, aktor Hollywood Matt Damon masuk dalam jajaran bintang iklan untuk Crypto.com yang berjudul "Fortune Favours The Brave" berdurasi 60 detik ini dipegang oleh sutradara pemenang Academy Award Wally Pfister.  

Matt Damon yang menjadi salah satu bintang iklan Crypto.com, di dalam iklannya memperkenalkan Crypto.com dengan konsep Dia berbicara tentang orang-orang menjadi 'diri mereka yang paling berani'. 

Kampanye garapan Pfister ini menandai pergeseran kekuasaan yang serius dalam periklanan untuk cryptocurrency, terlebih dengan menggandeng sejumlah bintang Hollywood ternama seperti Stephen Curry, Kim Kardashian, dan Tom Brady. 

Adapun, dukungan yang Damon tunjukkan yaitu memberikan sumbangan dari Crypto.com ke sebuah organisasi nirlaba aktor Water.org, yaitu proyek global untuk menyediakan air bersih dan sanitasi di area yang membutuhkan senilai US$1 juta (Rp13,5 miliar). 

Matt Damon berpendapat bahwa Crypto.com memiliki nilai dan tujuan yang sama seperti yang dilakukan Water.org, yaitu memberdayakan masyarakat global untuk mengendalikan masa depan.

"Sama seperti apa yang kami lakukan dengan Water.org, Crypto.com adalah platform cryptocurrency yang memiliki tujuan untuk memberdayakan orang-orang di seluruh dunia dengan alat yang diperlukan untuk mengendalikan masa depan mereka,” kata Matt Damon tentang kampanye iklan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper