Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Austindo Nusantara (ANJT) Absen Ekspor CPO Tahun 2022, Ini Sebabnya

ANJT fokus menjual CPO hasil produksinya di pasar domestik sepanjang tahun 2022.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 30 Agustus 2022  |  09:06 WIB
Austindo Nusantara (ANJT) Absen Ekspor CPO Tahun 2022, Ini Sebabnya
Jajaran Direksi PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJT) dalam acara paparan publik, Rabu (8/6 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten perkebunan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) akan fokus menjual produksi CPO nya ke pasar dalam negeri sepanjang tahun 2022.

Chief Financial Officer ANJT Nopri Pitoy menuturkan, perusahaan tidak memiliki rencana untuk melakukan ekspor CPO dalam waktu dekat. ANJT fokus menjual CPO hasil produksinya di pasar domestik sepanjang tahun 2022.

Ia menjelaskan, sebelum tahun ini perusahaan mengirim sejumlah porsi produksi CPO nya ke pasar luar negeri. Perusahaan juga memiliki tangki sewaan yang menyimpan CPO di wilayah Dumai, Riau khusus untuk kebutuhan ekspor.

Namun, perusahaan memutuskan untuk tidak melakukan ekspor pada tahun 2022 mengingat kondisi pasar yang cukup fluktuatif.

“Kami memang tidak ada rencana ekspor karena adanya perubahan – perubahan aturan yang terjadi sepanjang tahun 2022, seperti DMO dan DPO, serta kewajiban minyak goreng curah sawit rakyat,” kata Nopri dalam sesi Instagram Live Austindo Nusantara Jaya bersama Bisnis Indonesia, Senin (29/8/2022).

Ia menuturkan, fokus perusahaan di pasar domestik pada tahun ini juga didukung dengan adanya insentif premi dari sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Nopri mengatakan, premi dari RSPO ini dapat mencapai US$1 juta yang diklasifikasikan ke pendapatan lain – lain.

Direktur Utama ANJT Lucas Kurniawan menambahkan, premium yang didapat ANJT dari RSPO juga dirasakan oleh petani mitra perusahaan. Ia menuturkan, premi yang didapat oleh petani mitra ANJT dari sertifikasi RSPO ini dapat menjadi sumber penerimaan tambahan.

“Bagian dari RSPO premium yang bagian mitra ada perhitungannya juga. Porsi dari premi perusahaan juga kami serahkan ke petani mitra sehingga mereka mendapat tambahan pendapatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

austindo pt austindo nusantara jaya anjt
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top