Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investor Baru di KEK JIIPE Milik AKRA-Pelindo, Produsen Kaca Xinyi

Xinyi Glass Indonesia mengembangkan pabrik produksi kaca di KEK JIIPE milik AKR Corporindo dan Pelindo.
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  16:27 WIB
Investor Baru di KEK JIIPE Milik AKRA-Pelindo, Produsen Kaca Xinyi
Xinyi Glass Indonesia akan mengembangkan pabrik produksi kaca di KEK JIIPE milik AKR Corporindo dan Pelindo. - ANTARA/Umarul Faruq
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan joint venture PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) dan Pelindo, PT Berkah Manyar Sejahtera (BKMS) menandatangani ikatan perjanjian jual beli tanah dengan PT Xinyi Glass Indonesia untuk pengadaan pabrik produksi kaca di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik.

Direktur Utama BKMS Bapak Bambang Soetiono, mengatakan perjanjian ini dibutuhkan untuk memfasilitasi produksi kaca di JIIPE. Bambang menyebut perjanjian ini dapat mendatangkan investasi asing yang dibutuhkan berbagai industri di Indonesia.

"Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE akan menyediakan semua fasilitas dan bantuan yang diperlukan kepada Xinyi untuk membangun dan menjalankan fasilitas produksi Kaca juga menyediakan utilitas dan fasilitas kelas dunia untuk kegiatan produksi Xinyi di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE,” ujar Bambang melalui keterangan resmi pada Rabu (25/8/2022).

Selain itu, Xinyi juga menandatangani perjanjian kerjasama untuk menyediakan berbagai utilitas guna mendukung pembangunan dan operasional produksi kaca. Beberapa diantaranya adalah listrik, air, gas alam, pengolahan limbah, fasilitas telekomunikasi dan internet.

Xinyi kemudian melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan PT Berlian Manyar Sejahtera yaakan mengoperasikan fasilitas pelabuhan laut di KEK JIIPE.

“Kami berterima kasih kepada pemegang saham PT AKR Corporindo Tbk dan Pelindo atas semua dukungan dan bimbingan yang diberikan kepada kami untuk mengembangkan KEK JIIPE dan memberikan fasilitas berkelas dunia kepada para pelanggan kami,” ujar Bambang.

Xinyi Glass Holdings Ltd merupakan produsen kaca yang memproduksi kaca mobil, elektronik hemat energi, float, dan lainnya. Perusahaan asal China tersebut telah melakukan investasi di luar negeri.

Xinyi percaya kapasitas produksi kaca baru di JIIPE merupakan langkah strategis utama bagi grup untuk mendiversifikasi basis produksi dan memasok permintaan produk kaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jiipe akra akr corporindo pelindo kawasan ekonomi khusus
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top