Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini Private Placement, Saham BUMI Mampu Terbang ke Rp154?

Harga saham PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) berpotensi menuju Rp154 dalam waktu menjelang aksi private placement.
Direktur Utama PT Bumi Resources Tbk (BUMI) Adika Nugraha Bakrie/Istimewa
Direktur Utama PT Bumi Resources Tbk (BUMI) Adika Nugraha Bakrie/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Harga saham PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) berpotensi menuju Rp154 dalam waktu menjelang aksi private placement.

Pada perdagangan sebelumnya, Kamis (18/8/2022), BUMI mengalami penguatan saham sebesar 5,93 persen. Kenaikan tersebut membawa BUMI naik 8 poin ke level Rp143 per lembar saham. Penguatan ditenggarai karena adanya sentimen dari kenaikan harga batu bara.

Analis Kanaka Hita Solvera (KHS) Andhika Cipta Labora mengatakan naiknya saham BUMI terdampak dari sentimen harga batu bara yang naik ke atas US$400 per ton. Selain BUMI, Andhika menyebut kenaikan harga batubara juga turut menggerakan emiten saham batu bara lainnya.

"Harga batubara yang kembali naik ke atas US$ 400 per ton menjadi sentiment yang menggerakan saham BUMI beserta saham batu bara yang lain," ujar Andhika, Kamis (18/8/2022).

Lebih lanjut, Andhika juga memproyeksikan saham BUMI masih berpeluang menguat ke level Rp150 sampai Rp154 per lembar saham.

Di sisi lain, emiten Grup Bakrie itu akan melaksanakan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement, dalam rangka perbaikan posisi keuangan dan pelaksanaan konversi atas Obligasi Wajib Konversi (OWK). 

BUMI akan melaksanakan private placement dengan jumlah sebanyak 5,1 miliar saham Seri C, dengan nilai nominal Rp50 per saham. Pelaksanaan private placement akan dilakukan pada 19 Agustus 2022, dengan pemberitahuan hasil pelaksanaan private placement pada 23 Agustus 2022.

"Seluruh saham baru tersebut yang akan diterbitkan dalam private placement akan diambil bagian oleh pemegang OWK terkait dalam rangka pelaksanaan hak konversi OWK," kata Manajemen BUMI dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (11/8/2022).

Private placement BUMI akan dilaksanakan dengan harga pelaksanaan Rp80 per saham, yang merupakan harga konversi OWK, yang berlaku terhadap pelaksanaan hak konversi OWK tersebut.

Setelah pelaksanaan private placement, BUMI akan menerbitkan saham baru dengan jumlah sebanyak 5,1 miliar saham seri C. Jumlah modal saham ditempatkan dan modal disetor perseroan akan meningkat dari 134,9 miliar saham, menjadi sebanyak 140 miliar saham.

Jumlah saham tersebut terdiri atas 20,7 miliar saham Seri A, 53,5 miliar saham Seri B, dan 65,7 miliar saham Seri C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper