Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) Berkongsi dengan Anak Usaha Kalbe Farma (KLBF)

Kongsi bisnis ini dimungkinkan karena SMDR ingin masuk ke dalam pasar logistik farmasi dan produk kesehatan.
Armada PT Samudera Indonesia Tbk./samudera.id
Armada PT Samudera Indonesia Tbk./samudera.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kalbe Farma melalui anak usaha PT Enseval Putera Megatrading Tbk. (EPMT) yaitu PT Mostrans Global Digilog menandatangani nota kesepahaman dengan PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) untuk mengembangkan inovasi digital di bidang logistik.

Samudera Indonesia nantinya akan memiliki 20 persen porsi saham di Mostrans. Kongsi bisnis ini dimungkinkan karena SMDR ingin masuk ke dalam pasar logistik farmasi dan produk kesehatan.

Direktur Utama Samudera Indonesia, Bani Maulana Mulia menjelaskan kolaborasi menerapkan inovasi digital dalam kegiatan distribusi transportasi logistik menjadi hal yang sangat strategis bagi pertumbuhan kedua perusahaan. Menurut Bani, Kalbe merupakan penguasa pasar di Tanah Air yang telah merambah pasar internasional.

“Distribusi produk Kalbe di dalam negeri dan di pasar ekspor masih memiliki ruang pertumbuhan yang sangat besar,” terangnya.

CEO Mostrans Berty Argiyantari mengatakan Mostrans saat ini sudah menciptakan solusi berupa B2B digital transportation platform untuk menghubungkan ekosistem rantai pasok produk kesehatan.

Transparansi serta simplifikasi proses yang didukung oleh sistem teknologi informasi dapat membantu memecahkan sejumlah tantangan di sektor logistik.

“Strategi pengembangan inovasi yang dihasilkan oleh kolaborasi Kalbe dan Samudera melalui Mostrans akan menghasilkan solusi berbasis digital yang lebih komprehensif untuk meningkatkan kinerja rantai pasok dan meningkatkan daya saing pengguna jasa,” terang Berty.

Sementara itu, Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius menjelaskan disrupsi di era digital menciptakan tantangan baru di dunia logistik. Adapun, Mostrans memberikan solusi pengiriman produk kesehatan melalui jalur darat dan laut.

“Kolaborasi Kalbe dan Samudera Indonesia melalui Mostrans merupakan langkah strategis untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan akan mendorong transformasi digital di sektor logistik secara lebih cepat,” katanya, Senin (8/8/2022).

Vidjongtius juga menyatakan sinergi antara inovasi teknologi digital Mostrans yang didukung Kalbe Group sebagai penguasa pasar kesehatan, dengan pengalaman, keahlian, dan jaringan Samudera Indonesia.

Kolaborasi ini diyakini akan menghasilkan strategi pengembangan inovasi berbasis teknologi digital yang lebih komprehensif meningkatkan kinerja di bidang logistik.

Mostrans salah satu entitas anak usaha dari Enseval, yang bergerak di bidang platform digital transportasi B2B yang berfokus pada produk kesehatan.

Saat ini, Mostrans sudah bekerja sama dengan 75 perusahaan transportasi darat dan laut dengan lebih dari 5.000 armada. Keunggulan Marketplace Mostrans adalah memberikan layanan konsolidasi pengiriman dari beberapa pemilik barang, sehingga bisa menghasilkan biaya pengiriman yang lebih efisien.

Solusi Mostrans lainnya adalah software as a service (SaaS) yang ditujukan bagi para shipper maupun transporter dan layanan supply chain financing (SCF) bagi para mitra transporter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper