Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Melonjak 1 Persen Tembus 6.800, Sambut DK OJK dan RDG BI

IHSG naik 1,05 persen atau 70,43 poin menjadi 6.806,52 di tengah sentimen pelantikan Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027 dan Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI ssoal suku bunga.
Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melonjak pada Rabu (20/7/2022) di tengah penantian investor terhadap pengumuman Bank Indonesia dan rencana kerja Dewan Komisioner OJK.

Pukul 09.02 WIB, IHSG naik 1,05 persen atau 70,43 poin menjadi 6.806,52. Terpantau 237 saham naik, 49 saham turun, dan 199 saham stagnan.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan IHSG saat ini menunjukkan tanda kenaikan di tengah gejolak harga komoditas dan masih berangsur kembalinya kondisi sektor riil ke arah yang lebih baik.

"Hal ini tentunya juga akan memberikan sentimen yang baik terhadap kinerja emiten," papar William dalam publikasi riset.

Menurutnya, hari ini IHSG berpotensi menguat dalam rentang 6.578 - 6.789. Rekomendasi saham pilihannya adalah BBCA, TLKM, ASII, UNVR, HMSP, ICBP, WTON, PWON, ASRI.

Pada Selasa (19/7/2022), IHSG menguat 1,15 persen atau 76,83 poin ke level 6.736,09. Sepanjang perdagangan, IHSG berfluktuasi, pada sesi pertama sempat ke zona merah di awal perdagangan dengan level terrendah 6.626,25. IHSG juga sempat mencapai level tertinggi 6.740.

Laju IHSG juga dipengaruhi hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada 20-21 Juli 2022. Pelaku pasar juga menantikan rencana jajaran DK OJK yang dilantik hari ini, khususnya di bidang pasar modal.

Mahmakah Agung resmi melantik tujuh Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) pada Rabu (20/7/2022). Pelantikan dilaksanakan di Gedung Mahkamah Agung, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

“Berdasarkan Surat Keputusan Presiden no.51/2022 tanggal 9 Mei 2022, saudara-saudara telah diangkat sebagai Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Dewan Komisioner Jasa Keuangan,” kata Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia M. Syarifuddin dalam akun YouTube OJK.

Dia melanjutkan sebelum memangku jabatan sebagai Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DK OJK, maka orang-orang terpilih wajib mengucapkan sumpah.

Dengan pelantikan tersebut, maka DK OJK periode 2022-2027 akan diisi dengan nama-nama dan posisi sebagai berikut:

1. Mahendra Siregar, Ketua Dewan Komisioner OJK

2. Mirza Adityaswara, Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK

3. Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK

4. Inarno Djajadi, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal

5. Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutf Pengawas IKNB OJK

6. Issabella Wattimena, Ketua Dewan Audit Merangkap ADK OJK.

7. Friderica Widyasari Dewi, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK

8. Doni Primanto Joewono (Anggota Dewan Komisioner Ex Officio Bank Indonesia)

9. Suahasil Nazara (Anggota Dewan Komisioner Ex Officio Kementerian Keuangan)

Setelah pelantikan ini, para DK OJK baru akan melakukan konferensi pers pada pukul 16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper