Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Musim Dingin Kripto Kian Ganas, Celsius Network Mau Bangkrut

Dalam pengajuan kebangkrutan Chapter 11, Celsius Network mengajukan petisi untuk tetap beroperasi.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 14 Juli 2022  |  11:43 WIB
Musim Dingin Kripto Kian Ganas, Celsius Network Mau Bangkrut
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan pinjaman kripto, Celsius Network, telah memulai proses pengajuan perlindungan kebangkrutan chapter 11. Pengajuan ini terjadi sebulan setelah Celsius membekukan proses penarikan dana para nasabahnya.

Dilansir dari Bloomberg pada Kamis (14/7/2022), Celsius telah mengambil langkah-langkah untuk menstabilkan bisnisnya. Perusahaan yang diketahui memiliki uang kas sebesar US$167 juta itu juga tengah membahas restrukturisasi dengan seluruh pemegang sahamnya.

Pendaftaran pengajuan kebangkrutan tersebut telah dilakukan di Pengadilan Distrik Selatan di New York. Kirkland & Ellis ditunjuk perusahaan menjadi penasihat hukum, sementara Centerview Partners sebagai penasihat finansial, dan Alvarez & Marsal akan bertanggungjawab dalam urusan restrukturisasi Celsius.

Celsius adalah perusahaan pinjaman kripto yang telah mampu mengumpulkan aset hingga US$20 miliar. Hal ini dilakukan dengan menawarkan tingkat bunga hingga 18 persen ke nasabah yang menyetorkan aset kriptonya ke Celsius.

Pada pertengahan Juni lalu, Celsius telah menghentikan seluruh kegiatan penarikan dana dan beberapa fungsi lainnya akibat kondisi pasar yang ekstrim. Dalam pernyataan resminya hari Rabu waktu AS, manajemen Celsius menyebutkan keputusan tersebut amat sulit namun harus dilakukan.

“Tanpa adanya penghentian tersebut, cepatnya proses penarikan dana akan menguntungkan beberapa pelanggan yang bergerak cepat dan meninggalkan pelanggan lain menunggu kami untuk mendapat dana dari aset yang tidak likuid sebelum mendapatkan dananya kembali,” jelas manajemen Celsius dalam keterangan tersebut.

Dalam pengajuan kebangkrutan tersebut, Celsius mengajukan petisi untuk tetap beroperasi. Penarikan dana pelanggan juga akan dilakukan melalui proses perlindungan kebangkrutan chapter 11 tersebut.

Berdasarkan informasi yang didaftarkan pada pengajuan kebangkrutan, estimasi aset dan liabilitas Celsius masing–masing sebesar US$1 miliar dan US$10 miliar.

Pengajuan bangkrut Celsius menambah panjang daftar perusahaan kripto yang terdampak kondisi pasar bearish. Sebelumnya, bursa kripto Voyager Digital telah mengajukan perlindungan kebangkrutan. Lembaga pinjaman kripto lain, Babel, juga telah menghentikan proses penarikan dana untuk pelanggannya.

Selama sebulan belakangan, Celsius telah membayar seluruh utangnya ke aplikasi decentralized finance (DeFi) seperti Aave, Compound, dan MakerDAO sebesar lebih dari US$900 juta.

Pada 13 Juni lalu, Celsius melaporkan pembayaran jaminan sebesar 2.000 Ether untuk pemajuan pinjaman uang tunai dengan Symbolic Capital Partners. Pembayaran serupa senilai 2.545,25 Ether ke Symbolic juga dilakukan pada 11 Juni lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bitcoin aset kripto mata uang kripto cryptocurrency bangkrut
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top